• Sabtu, 18 September 2021

Menteri Pertanian 2004-2009 dan PUB Pandeglang Dorong Petani Tingkatkan Kualitas Hasil Panen

- Rabu, 15 September 2021 | 09:17 WIB
Menteri Pertanian RI 2004-2009 Dr. Ir. H. Anton Priantono, M. Si, didampingi Ketua PUB Pandeglang H. Wawan Ridwan bersama peserta kegiatan (Humas PUB Kabupaten Pandeglang)
Menteri Pertanian RI 2004-2009 Dr. Ir. H. Anton Priantono, M. Si, didampingi Ketua PUB Pandeglang H. Wawan Ridwan bersama peserta kegiatan (Humas PUB Kabupaten Pandeglang)

fajarbanten.com - Menteri Pertanian RI 2004-2009 Dr. Ir. H. Anton Priantono, M. Si, atau yang akrab disapa Ki Anton didampingi Ketua Perkumpulan Urang Banten (PUB) Kabupaten Pandeglang H. Wawan Ridwan atau Ki Wawan pada Minggu 12/09/2021 lalu mengadakan kegiatan silaturahmi sekaligus penyuluhan pertanian di Kampung Balapunah Desa Ciputri Kecamatan Kaduhejo Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten yang merupakan desa binaan PUB Kabupaten Pandeglang.

Kegiatan yang sengaja mengambil lokasi di areal pesawahan tersebut dihadiri oleh sejumlah unsur mulai dari tokoh masyarakat, pemuda serta aparat desa setempat. 

Di hadapan para petani serta sejumlah unsur yang hadir, Ki Anton menjelaskan bahwa bertanam padi di daerah Pandeglang dianggap sangat potensial mengingat ketersediaan air yang cukup melimpah sehingga produksi pertanian padi bisa mengalami masa panen minimal tiga kali dalam setahun. Namun disinyalir

akibat adanya waktu tanam padi antar sesama petani yang kadang tidak serempak ditambah pemberian pupuk yang tidak sesuai takaran, walhasil kerap kali menjadikan hasil panen yang didapatkan kurang memuaskan. 

Ki Anton juga menganjurkan agar para petani melakukan metode tumpang sari yakni dengan menyelipkan tanaman palawija seperti singkong, jagung, talas beneng dan tanaman sejenis yang memang cocok ditanam di sela-sela tanaman padi.

Pada kegiatan tersebut, para petani berkesempatan menyampaikan sejumlah keluhan sekaligus harapan mereka kepada Ki Anton agar bisa mendorong dan mendampingi para petani dari mulai proses tanam sampai pada pemasaran hasil panen. 

Jadi dengan adanya program pendampingan tersebut para petani diharapkan bisa melakukan proses menanam padi dengan teknik yang benar sehingga hasil panennya memuaskan, untuk kemudian bisa menjual kembali hasil panen tersebut dengan harga yang sesuai.

Sementara itu Ketua PUB Pandeglang Ki Wawan, memberikan respons positif terhadap keluhan dan juga harapan dari para petani tersebut. 

Dikatakan Ki Wawan bahwa PUB kabupaten Pandeglang khususnya siap melakukan upaya untuk bisa mengakomodir dan menjembatani ke pihak pemerintah daerah baik melalui dinas terkait dan juga jajaran pimpinan daerah di Pandeglang serta sejumlah upaya lainnya.

Halaman:

Editor: Badrudin

Tags

Terkini

Satlantas Polres Pandeglang Bagikan Paket Sembako

Jumat, 17 September 2021 | 17:45 WIB

Polres Pandeglang Siaga Penanggulangan Bencana

Kamis, 16 September 2021 | 20:32 WIB

Tenggak Miras Oplosan, Seorang Pemuda Tewas

Senin, 13 September 2021 | 15:06 WIB

Sesosok Mayat Ditemukan di Bendungan Talaga

Minggu, 12 September 2021 | 01:19 WIB

Dua Pengedar Narkoba Terancam Hukuman 15 Tahun Penjara

Sabtu, 11 September 2021 | 11:02 WIB

Petugas Jaga Tahanan Polres Pandeglang di Cek Propam

Jumat, 10 September 2021 | 13:18 WIB
X