• Minggu, 5 Desember 2021

Pemkab Lebak Gandeng Ulama Cegah Penyebaran Virus Covid-19

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 22:44 WIB
Camat Cikulur saat menghadiri pengajian bulanan MWC NU Cikulur (Ajat)
Camat Cikulur saat menghadiri pengajian bulanan MWC NU Cikulur (Ajat)

Fajarbanten.com - Dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19 harus melibatkan berbagai kalangan, termasuk para ulama,. Hal tersebut dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak. Salah satunya di Kecamatan Cikulur.

Camat Cikulur, Iyan Fitriayana saat menghadiri pengajian rutin bulanan yang digelar MWC NU Kecamatan Cikulur melakukan edukasi dalam rangka memberikan sosialisasi kepada para pimpinan Pondok pesantren (Ponpes) guna meningkatkan peran serta dalam mencegah penyebaran Covid-19 khususnya di Kecamatan Cikulur, Kabupaten Lebak.

Kegiatan yang dilaksanakan di Majelis Dzikir Pondok Cinta Ilahi (MD PCI) yang beralamat di Desa Cigoong Utara, Kecamatan Cikulur, Kabupaten Lebak Senin, (11/10/2021) itu dihadiri Camat Cikulur, Iyan Fitriyana, Ketua MWC NU Cikulur, Kyai Syahroni, Kapolsek Cikulur, Danramil Warunggunung-Cikulur, Kepala Puskesmas Cikulur dan Pamandegan, Korwil Pendidikan Cikulur juga para kyai beserta santrinya.

Camat Cikulur, Iyan Fitryana mengatakan, bahwa vaksinasi Covid-19 yang telah dicanangkan oleh Pemerintah tersebut merupakan salah satu bentuk ikhtiar dalam menghadapi besarnya dampak yang ditimbulkan oleh virus Covid-19.

Menurutnya, tubuh manusia yang telah mendapatkan vaksin akan lebih kuat daripada tubuh yang belum disuntikkan vaksin apabila telah terpapar oleh virus Covid-19.

"Vaksin ini bertujuan untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh terhadap paparan Covid-19 sehingga risiko yang ditimbulkan dari virus tersebut dapat diminimalisir," kata Iyan.

Untuk itu, Ia mengajak kepada seluruh pimpinan Pondok Pesantren (ulama -red) agar lebih memahami manfaat dan tujuan vaksinasi bagi tubuh sehingga nantinya bisa mengedukasi para santri dan wali santri tentang pentingnya vaksin di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

"Dengan edukasi yang baik diharapkan target vaksinasi kepada masyarakat umum, anak usia sekolah dan santri dapat segera tercapai," ujar Iyan.

Pada kesempatan itu juga, Ia meminta kepada para ulama dan pimpinan Ponpes agar dapat memberikan pemahaman yang tepat terkait vaksin Covid-19 dengan cara yang humanis dan persuasif sehingga tidak ada lagi keraguan di dalam diri masyarakat untuk di vaksin

"Ulama memiliki peran penting dalam mengedukasi masyarakat terkait penanggulangan penyebaran Covid-19. Umat beragama tentunya sangat menghargaai para ulama. Dalam situasi saat ini peran ulama dan tokoh masyarakat sangat dibutuhkan untuk meredam masyarakat karena ulama bersentuhan langsung dengan masyarakat, dalam kegiatan yang bersifat keagamaan," tuturnya seraya meminta kepada para tenaga kesehatan agar teliti dalam melakukan skrining terhadap calon penerima vaksin Covid-19 guna memastikan apakah seseorang tersebut sehat atau tidak untuk diberi vaksin," pungkasnya.

Halaman:

Editor: Rahman Malik

Tags

Terkini

Tidak Mengenal Lelah Polsek Cilograng Gelar Vaksinasi

Sabtu, 4 Desember 2021 | 15:14 WIB

Polsek Malingping Patroli Malam Sasar Pantai Bagedur

Sabtu, 4 Desember 2021 | 15:11 WIB

Proyek Paving Blok Dikritisi Warga

Rabu, 1 Desember 2021 | 20:26 WIB

Toko Emas Sasaran Patroli Polsek Malingping

Senin, 29 November 2021 | 11:30 WIB

Ormas LMPI Gelar Milad Ke 4 di Vila Bagedur

Senin, 29 November 2021 | 11:24 WIB

Beri Rasa Aman, Polsek Malingping Patroli Malam

Sabtu, 27 November 2021 | 17:20 WIB

PWI Lebak Ajak Warga Perangi Narkoba

Rabu, 24 November 2021 | 14:53 WIB

Polsek Malingping Bagi-bagi Masker

Rabu, 24 November 2021 | 12:06 WIB

Diguyur Hujan Deras, Rumah Warga Terbawa Longsor

Selasa, 23 November 2021 | 16:44 WIB

PUPR Banten Tangani Jalan Tertimbun Longsor di Lebak

Selasa, 23 November 2021 | 13:29 WIB
X