• Kamis, 7 Juli 2022

Bersama Laz Harfa dan Telkom, F-PTK Banten Kembali Lakukan Penanaman Terumbu Karang

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 15:47 WIB
Komunitas Anak Pantai Cipanon, sebelum menyelam untuk menurunkan Rak Laba-Laba ke dasar laut, yang sudah terisi oleh bibit Terumbu Karang, pada Kamis (28/10/2021) di perairan Pulau Liwungan, Panimbang. (Daday)
Komunitas Anak Pantai Cipanon, sebelum menyelam untuk menurunkan Rak Laba-Laba ke dasar laut, yang sudah terisi oleh bibit Terumbu Karang, pada Kamis (28/10/2021) di perairan Pulau Liwungan, Panimbang. (Daday)

fajarbanten.com - Sebanyak 70 rak laba-laba atau media tanam bibit terumbu karang berhasil ditanam di sekitar Pulau Liwungan oleh Komunitas Anak Pantai Cipanon, dan sejumlah warga Kampung Nelayan Cipanon, Desa Tanjungjaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, pada Kamis 28 Oktober 2021.

Penanaman terumbu karang dengan sistem transpalansi tersebut, merupakan agenda rutin dari Forum Pelestari Terumbu Karang (F-PTK) Provinsi Banten.

Dimana kali ini, F-PTK bersama Laz Harfa dan PT. Telkom Indonesia Regional II Banten dengan programnya BUMN Perduli Lingkungan.

"Berbarengan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-93 tahun ini. Kami (F-PTK) bersama Laz Harfa dan PT Telkom Indonesia Regional II Banten, dan belasan warga dari Kampung Nelayan Cipanon, Panimbang, melakukan Gerakan Penanaman Terumbu Karang di seputaran Pulau Liwungan, dengan motto Satukan Tekad, Bangkitkan Semangat, Tumbuhkan Terumbu Karang," jelas Koordinator F-PTK Banten, Nurwarta Wiguna.

Nurwarta pun mengatakan, kegiatan Penanaman Terumbu Karang kali ini, juga menjadi salah satu bahan kajian sejumlah mahasiswa dari Untirta Banten untuk bahan skripsi yang mengusung judul Pemmberdayaan Masyarakat dalam Gerakan Rehabilitasi Terumbu Karang (GRTK) yang dilakukan F-PTK Banten.

"Kegiatan Rehabilitasi Terumbu Karang kali ini, juga menjadi bahan kajian para mahasiswa dari Untirta Banten dalam menyusun skripsi-nya. Karena memang, kegiatan semacam ini merupakan bagian dari upaya mitigasi bencana berbasis lingkungan, yang benar - benar harus kita lakukan sedini mungkin," tambahnya.

Dikatakannya juga, Gerakan Rehabilitasi Terumbu Karang atau kegiatan Transplantasi Terumbu Karang tersebut, selain upaya Mitigasi Bencana, juga sebagai upaya mendukung Sustainable Livelihood disamping Pengembangan Wisata Bahari.

"Ini adalah bagian dari upaya kita untuk me-mitigasi bencana, serta mendukung pembangunan wisata bahari, karena program reboisasi, atau penghijauan didasar laut, terkadang lalai, berbeda dengan kegiatan reboisasi atau penghijauan lahan darat, atau hutan gundul," pungkasnya. (Daday)

Editor: Rahman Malik

Tags

Terkini

PLN Gandeng BUMDes Manfaatkan FABA di Pandeglang

Jumat, 17 Juni 2022 | 17:08 WIB
X