• Senin, 17 Januari 2022

Lantik 206 Kades Terpilih, Irna Minta Percepat Akselerasi Pembangunan di Desa

- Senin, 8 November 2021 | 16:11 WIB
Bupati Pandeglang melantik kepala desa terpilih
Bupati Pandeglang melantik kepala desa terpilih

FAJARBANTEN.COM - Bupati Pandeglang, Irna Narulita melantik dan mengambil sumpah jabatan 206 Kepala Desa (Kades) terpilih, hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang dilaksanakan pada 17 Oktober 2021 lalu, di Alun-Alun Pandeglang, Senin (8/11/2021) pagi.

Bupati Pandeglang menekankan, agar para Kades yang sudah diambil sumpahnya tersebut, agar bisa bersinergi dan melakukan percepatan akselerasi pembangunan di desanya masing-masing, sebagai wujud implementasi program Nawacita.

"Melaksanakan program yang smart dan cerdas di tengah pandemi Covid-19. Kades adalah refleksi, representasi wajah masyarakat," tegasnya.

Apalagi kata Irna, setelah terpuruk akibat Pandemi Covid-19, banyak program pembangunan yang tertunda. Namun tahun depan, roda pembangunan harus digenjot untuk menyelaraskan program prioritas Pemkab Pandeglang, yakni Jalan Kabupaten Mantap Betul (Jaka Mantul).



"Desa harus punya program pengentasan infrastruktur tahun depan. Kalau di kabupaten ada Jaka Mantul, maka desa harus ada Jades Mantul, Jalan Desa Mantap Betul," bebernya.

Irna menjelaskan, Kades yang dilantik hari ini memiliki tanggungjawab untuk mensejahterakan masyarakat. Mengingat Kades adalah refleksi dan representasi masyarakat di desa. Kades terpilih harus melaksanakan program dengan cerdas, harus menjadi problem solver, bukan sebaliknya malah menjadi beban masyarakat.

"Mulai saat ini berbenah merangkul calon Kades lain yang tidak terpilih," tambahnya.

Oleh karenanya, Kepala Desa diingatkan lebih teliti dalam mengelola Dana Desa. Apalagi tidak sedikit yang akhirnya dijebloskan ke penjara akibat teledor dalam memanfaatkan bantuan Dana Desa.



"Jangan ketergangungan dengan Dana Desa. Tapi harus bisa menggali potensi lain untuk meningkatkan PADes(Pendapatan Asli Desa)," pesannya.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Pandeglang, Doni Hermawan menerangkan, 206 Kapela Desa yang dilantik terdiri atas 205 hasil Pilkades serentak dan 1 Kades merupakan Pergantian Antar Waktu (PAW), yakni Desa Sorongan, Kecamatan Cibaliung.

"PAW ini jabatannya hanya sampai 2023. Sedangkan 205 desa mereka akan menjabat sampai tahun 2027," sebut Doni.

Adapun 5 desa yang mengajukan gugatan hasil perselisihan hasil Pilkades, Doni memastikan tahapannya sudah selesai. Dari hasil mediasi, tiga desa dianggap memenuhi unsur.

"Tetapi kalau ketiganya masih merasa keberatan, bisa melayangkan gugatan ke Pengadilan Tinggi Usaha Negara (PTUN)," pungkasnya. (*)

Editor: R. Dede

Tags

Terkini

Alfamart Bantu Korban Gempa di Lebak dan Pandeglang

Minggu, 16 Januari 2022 | 16:44 WIB

PUB Telusuri Kebudayaan Banten

Rabu, 5 Januari 2022 | 19:08 WIB

Saung Karuhun, Hadirkan Konsep Wisata di Atas Padi

Senin, 27 Desember 2021 | 14:34 WIB

16 Desa di Pandeglang Jadi Temuan Inspektorat

Jumat, 24 Desember 2021 | 16:05 WIB

Vaksinasi di Pandeglang Capai 51 Persen

Selasa, 21 Desember 2021 | 15:52 WIB
X