• Kamis, 11 Agustus 2022

Rancangan APBD Perubahan Ditolak, Hamas Minta Pemkot Serang Tindak Tegas TAPD

- Selasa, 9 November 2021 | 09:53 WIB
Wakil Ketua Umum PP Himpunan Mahasiswa Serang (Hamas), Dzikri Wahyudin. 9 November 2021. (Ferdinan)
Wakil Ketua Umum PP Himpunan Mahasiswa Serang (Hamas), Dzikri Wahyudin. 9 November 2021. (Ferdinan)

fajarbanten.com - APBD perubahan Pemerintah Kota (Pemkot) Serang tahun 2021 tidak dievaluasi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten.

Pasalnya, karena keterlambatan Pemkot Serang memberikan dokumen R-APBD perubahan Pemkot Serang dalam 

penyusunan APBD Perubahan yang terdapat dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. 

Dalam Pasal 317 ayat 2 disebutkan, pengambilan keputusan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perubahan APBD dilakukan paling lambat tiga bulan sebelum berakhirnya tahun anggaran.

Dari beberapa daerah yang ada di Provinsi Banten, Kota Serang merupakan satu-satunya daerah yang APBD perubahannya tidak dievaluasi oleh Pemprov Banten. Hal ini bukti buruknya kinerja TAPD Kota Serang.

“APBD perubahan Pemkot Serang 2021 tidak dievaluasi oleh Pemprov Banten, tentu ini sejarah buruk bagi Kota Serang, karena semenjak berdirinya Kota Serang ini kali pertama APBD perubahan ditolak atau tidak dievaluasi oleh Pemprov Banten," kata Wakil Ketua Umum PP Himpunan Mahasiswa Serang (Hamas), Dzikri Wahyudin. 9 November 2021.

Selain itu, banyak dampak buruk yang terjadi di Kota Serang atas terjadinya kejadian tersebut, salah satunya dalam bentuk pembangunan Kota Serang. Karena banyak anggaran yang tidak dapat diserap.

“Hal ini dampaknya cukup besar buat pembangunan khususnya yang menggunakan APBD Kota Serang, karena didalamnya ada buat gaji, belanja barang dan banyak juga yang terdampak pada akhirnya,” ujarnya.

“Melihat kejadian ini, Hamas menekankan kepada Walikota Serang untuk mengevaluasi besar-besaran kinerja TAPD yang kurang baik dan ceroboh atas tanggungjawabnya, jika perlu diganti saja karena sudah melakukan kesalahan yang sangat fatal," imbuh Dzikri saat ditemui fajarbanten.com di Kampus Unsera.

"Karena ini jelas, menurut pengakuan Kepala BPKAD Kota Serang, Wachyu Budi Kristiawan 

Halaman:

Editor: Rahman Malik

Tags

Terkini

Sambut HDKD 77, Lapas Serang Gelar Donor Darah

Kamis, 28 Juli 2022 | 19:19 WIB

Rutan Serang Pindahkan Puluhan Napi

Senin, 20 Juni 2022 | 21:09 WIB

Rutan Serang Ajak Napi Senam Pagi

Selasa, 10 Mei 2022 | 13:08 WIB

Finally, Pelaku Curanmor 9 Kali Dibekuk Polisi

Kamis, 14 April 2022 | 12:39 WIB
X