• Kamis, 27 Januari 2022

Puskesmas Karawaci Lakukan Penjaringan Kesehatan Pelajar

- Kamis, 18 November 2021 | 22:51 WIB
Petugas Puskesmas Karawaci lakukan pengecekan Siswa dalam PTM (Abdul Naser)
Petugas Puskesmas Karawaci lakukan pengecekan Siswa dalam PTM (Abdul Naser)

fajarbanten.com – Sudah dua bulan, Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas tingkat SMP di Kota Tangerang berlangsung. Sebagai bentuk dukungan, Dinas Kesehatan Kota Tangerang melalui jajaran Puskesmas tak pernah lepas memantau penerapan prokes hingga mengecek kesehatan seluruh siswa Kota Tangerang.

Seperti Puskesmas Karawaci Baru yang tengah rutin menggelar penjaringan kesehatan pelajar, dari satu sekolah ke sekolah lainnya di wilayah kerjanya. Kali ini penjaringan kesehatan pelajar berlangsung di SMP Voctech, Kelurahan Cimone, Kecamatan Karawaci, Selasa16 November 2021.

Kepala Puskesmas Karawaci Baru, dr Dece Feriyeni mengungkapkan penjaringan kesehatan merupakan mendeteksi dini kelainan atau kemungkinan terjadinya kelainan kesehatan pada siswa.

Mulai dari pemeriksaan tinggi badan, berat badan, tekanan darah, kesehatan indra penglihatan, indra pendengaran, kesehatan kulit, kondisi risiko anemia, kesehatan gigi dan mulut, kebersihan diri, disabilitas, dan kebugaran fisik.

“Pada pemeriksaan ini kita memastikan seluruh tumbuh kembang siswa berjalan baik, sehat dan normal. Jika adanya kejanggalan dapat ditangani sedini mungkin,” ungkapnya.

Kata dr Dece, pada penjaringan kesehatan pelajar ini, petugas Puskesmas juga memastikan kebersihan sekolah, kelas, kepatuhan prokes, serta ketersediaan sarana prasarana protokol kesehatan.

“Kita buat catatan khusus, bahwa sekolah ini patuh tidaknya, guru dan siswa tertib tidaknya dengan prokes. Karena ini menjadi acuan pertimbangan dan tanggungjawab akan keberlanjutan PTM Terbatas. Jangan sampai lalai atau acuh, yang mengakibatkan ditutupnya kembali aktivitas sekolah. Ini yang kita cegah,” tegasnya.

Ia pun mengimbau, bagi seluruh siswa untuk tidak ragu melaporkan kondisi kesehatan sekecil apa pun. “Begitu juga dengan para guru, bahwa saat ini penanganan siswa tak sekadar belajar benar dan tidak berantem. Tapi guru juga harus peka dengan kesehatan siswa, sehingga semua dapat ditangani sedini mungkin,”imbaunya.(Abdul Naser).

Editor: Rahman Malik

Tags

Terkini

Vaksin Keliling Ala Kelurahan Ketapang

Kamis, 18 November 2021 | 22:47 WIB

91.88% warga Nambo Jaya sudah tervaksinasi

Selasa, 2 November 2021 | 11:36 WIB

Kecamatan Neglasari Masih Perkuat OAB

Kamis, 21 Oktober 2021 | 01:26 WIB

Polsek Batuceper Tambah Gerai Vaksinasi

Minggu, 17 Oktober 2021 | 19:22 WIB
X