• Jumat, 3 Desember 2021

Antisipasi Banjir, PUPR Lebak Normalisasi Drainase dan Jembatan

- Jumat, 19 November 2021 | 07:49 WIB
normalisasi drainase dan jembatan yang berada diwilayah perkotaan Rangkasbitung (Ajat)
normalisasi drainase dan jembatan yang berada diwilayah perkotaan Rangkasbitung (Ajat)

Fajarbanten.com - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Lebak melakukan normalisasi drainase dan jembatan yang berada diwilayah perkotaan Rangkasbitung. Normalisasi yang dilakukan merupakan upaya penanganan wilayah banjir di daerah perkotaan, seperti di depan Makodim 0603 Lebak, BRI Cabang Lebak, kawasan wisata Balong Rancalentah, Jalan Siliwangi dan Cijoro Bendungan.

Plt Kepala Dinas PUPR Kabupaten Lebak, Irfan Suyatufika menjelaskan, normalisasi drainase tersebut berupa pembersihan sedimen diselokan selokan. Hal tersebut dilakukan agar meminimalisir terjadinya genangan air saat hujan turun.

“Kita melakukan normalisasi drainase dan perbaikan jembatan yang rusak akibat banjir. Khusus drainase, kita lakukan pembersihan sedimen dibeberapa titik yang ada di kota Rangkasbitung,” terang Irfan kepada wartawan, Kamis 18 November 2021.

Selain drainase, lanjut Irfan, pihaknya juga menangani perbaikan jembatan Cijoro Bendungan yang rusak akibat tergerus banjir. Untuk saat ini kata dia, perbaikan Drainase dan jembatan mempunyai progres pekerjaan sekitar 40 persen.

Lebih jauh Irfan mengatakan, kedua pekerjaan tersebut menggunakan anggaran dana belanja tak terduga (BTT) penanganan bencana alam. Rencananya kata dia, estimasi pekerjaan selesai secara keseluruhan sekitar awal Januari tahun 2022.

“Kita memakai anggaran biaya tidak terduga penanganan bencana alam. Jika tidak ada halangan seluruh pekerjaanya akan selesai pada awal bulan Januari,” tutur Irfan.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga, Hamdan Soleh mengatakan, penanganan perbaikan drainase diperkotaan dan perbaikan jembatan Cijoro Bendungan sedang dilakukan. Keduanya kata dia, merupakan kegiatan penanganan bencana alam. Untuk dirainase terdapat di empat titik lokasi, sedangkan perbaikan jembatan berlokasi di Bendungan Cijoro.

“Untuk perbaikan drainase terdapat di empat titik, yaitu depan Makodim 0603 Lebak, depan BRI, Balong Rancalentah, Jalan Siliwangi dan jembatan Cijoro Bendungan,”ujar Hamdan.

Terpisah, Plt Asda ll Pemkab Lebak, Ajis Suhendi menyatakan, pemerintah daerah terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat diberbagai bidang, termasuk pada bidang pembangunan, seperti perbaikan jalan, perbaikan drainase dan perbaikan jembatan.

"Kita berkomitmen agar masyarakat mendapatkan pelayanan yang maksimal diberbagai bidang, baik bidang pembangunan infrastruktur, kesehatan, pendidikan dan lain lain,” kata Ajis.(Ajat)

Halaman:

Editor: Rahman Malik

Tags

Terkini

Proyek Paving Blok Dikritisi Warga

Rabu, 1 Desember 2021 | 20:26 WIB

Toko Emas Sasaran Patroli Polsek Malingping

Senin, 29 November 2021 | 11:30 WIB

Ormas LMPI Gelar Milad Ke 4 di Vila Bagedur

Senin, 29 November 2021 | 11:24 WIB

Beri Rasa Aman, Polsek Malingping Patroli Malam

Sabtu, 27 November 2021 | 17:20 WIB

PWI Lebak Ajak Warga Perangi Narkoba

Rabu, 24 November 2021 | 14:53 WIB

Polsek Malingping Bagi-bagi Masker

Rabu, 24 November 2021 | 12:06 WIB

Diguyur Hujan Deras, Rumah Warga Terbawa Longsor

Selasa, 23 November 2021 | 16:44 WIB

PUPR Banten Tangani Jalan Tertimbun Longsor di Lebak

Selasa, 23 November 2021 | 13:29 WIB

UMK 2022 Lebak Diusulkan Naik 0,80 Persen

Senin, 22 November 2021 | 14:59 WIB
X