• Senin, 23 Mei 2022

Optimisme Kebangkitan Dunia Usaha Di Tengah Pandemi

- Kamis, 16 Desember 2021 | 14:36 WIB
Para narasumber Silaturahmi & Obrolan Santai yang dihelat Seragon Bussines Forum di Aston Cilegon Botique Hotel, Rabu 15 Desember 2021 (kika): Gunadi Wirawan, Helldy Agustian, dan Doddy Fathturahman.  (Red)
Para narasumber Silaturahmi & Obrolan Santai yang dihelat Seragon Bussines Forum di Aston Cilegon Botique Hotel, Rabu 15 Desember 2021 (kika): Gunadi Wirawan, Helldy Agustian, dan Doddy Fathturahman. (Red)

Fajarbanten.com - Badai pandemi covid 19 dengan segala dampaknya diakui menghantam sektor dunia usaha selama 2 tahun terakhir. Tetapi dengan keuletan, inovasi dan strategi yang tepat, kalangan dunia usaha di Serang dan Cilegon tetap optimistis dalam menyambut peluang di tahun 2022. Terlebih di penghujung 2021 ini pandemi covid 19 mulai melandai disertai aturan-aturan pemerintah yang tidak seketat sebelumnya. Demikian benang merah Silaturahmi & Obrolan Santai yang dihelat Seragon (Serang-Cilegon) Bussines Forum di Aston Cilegon Botique Hotel, Rabu 15 Desember 2021.

Mengambil tajuk “Akselerasi Bisnis di Era Pandemi”, diskusi yang dihadiri pengurus dan anggota Seragon Bussines Forum ini menampilkan tiga narasumber yakni GM Aston Anyer-Cilegon-Serang Doddy Fathturahman, Pimpro Citra Garden BMW Gunadi Wirawan, serta Wali Kota Cilegon Helldy Agustian yang juga didaulat sebagai keynote speech.

“Kota Cilegon ini kondisinya unik. Secara geografis wilayahnya tidak luas, tetapi industrinya banyak. PAD-nya juga cukup tinggi. Namun sayangnya angka pengangguran juga tinggi. Ini karena SDM Kota Cilegon banyak yang belum bisa memenuhi tuntutan kualifikasi yang dibutuhkan sektor industri,”papar Helldy.

Karena itulah Pemkot Cilegon ditegaskan Helldy kini tengah menyiapkan SDM Kota Cilegon yang kelak bisa mengisi kebutuhan lowongan kerja industri. “Salah satunya dengan menyelenggarakan bea siswa full sarjana, khusus untuk anak-anak Kota Cilegon. Tahap pertama kami sudah memberikan bea siswa untuk 525 mahasiswa di 4 perguruan tinggi di Banten,” ujar Helldy.

Sementara itu, baik menurut Doddy dan Gunadi, strategi dan inovasi yang tepat dengan kebutuhan masyarakat di era pandemi Covid 19 menjadi solusi bagi sektor dunia usaha untuk tetap bertahan, bahkan bertumbuh. Strategi dan inovasi tersebut bukan saja dalam produk yang ditawarkan kepada calon konsumen, tetapi juga dari metode pemasarannya.

“Kami di Aston, saat dampak pandemi tengah buruk-buruknya, melakukan prinsip bisnis yang kami pegang teguh yakni kaizen. Dimana dalam kondisi sulit pun, secara perlahan namun berkelanjutan selalu ada income untuk kami bertahan,” papar Doddy.

Citra Garden BMW bahkan melakukan adaptasi hingga ke interior dan fasilitas rumah. “Misalnya kami menempatkan tempat cuci tangan di sudut rumah yang strategis. Jadi untuk tuan rumah maupun tamu yang berkunjung higienisnya lebih terjaga,” jelas Gunadi.

Seragon Bussines Forum adalah organisasi para pengusaha lintas sektor di Serang dan Cilegon. Pengusaha properti, jasa pariwisata, perhotelan, perbankan, hingga layanan pembasmi hama berkumpul di organisasi ini. Silaturahmi & Obrolan Santai kali ini adalah ajang perdana yang dihelat Seragon Bussines Forum. Selanjutnya kegiatan untuk saling berbagi informasi seputar kondisi terkini dunia usaha tersebut akan dilakukan secara berkala.(Red)

Editor: Rian Nopandra

Tags

Terkini

X