• Senin, 23 Mei 2022

Peduli Lingkungan, Warga Desa Tegalwangi Bangun TPSM

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 09:31 WIB
Warga Kampung Leweng Kolot, Desa Tegalwangi, Kecamatan Menes, membangun Tempat Pengelolaan Sampah Mandiri (TPSM), secara gotong royong. (Asep)
Warga Kampung Leweng Kolot, Desa Tegalwangi, Kecamatan Menes, membangun Tempat Pengelolaan Sampah Mandiri (TPSM), secara gotong royong. (Asep)

FAJARBANTEN.COM - Demi terjaganya lingkungan yang bersih dan sehat, Warga Kampung Leweng Kolot, Desa Tegalwangi, Kecamatan Menes, membangun Tempat Pengelolaan Sampah Mandiri (TPSM), secara gotong royong.

Pembangunan TPSM ini digagas langsung oleh para kelompok pemuda setempat. Sebagai lokasi pengelolaan dan pemanfaatan sampah.

Endang Supriatna (32) warga kampung Leweung Kolot mengatakan, proses pembangunan TPSM kampung halamannya merupakan program yang di gagas oleh kepemudaan, yang selama ini sering timbul permasalahan dengan keberadaan sampah liar di kampungnya.

"Hari ini Alhamdulillah, proses pembangunan TPSM telah dimulai. untuk pembangunan pertamanya, kami bersama warga lain, bergotong royong membuat bak sampah dulu. Rencananya kita akan membuat empat bak sampah untuk menampung sampah yang telah dipilih," katanya saat di temui di lokasi, Jumat 21 Januari 2022.

Menurut Endang, sebelum proses pembangunan TPSM ini dimulai, pihak pemuda telah melakukan musyawarah bersama tokoh masyarakat dan warga lain, beberapa waktu lalu. Alhasil dari musyawarah tersebut warga menerima dan mendukung penuh program pengelolaan sampah secara mandiri dari pihak pemuda.

"Jadi kedepannya pihak pemuda yang akan mengelola sampah disini, mulai dari mempersiapkan tempat pembuangan sampah sementara, di setiap rumah-rumah, seperti tong sampah gitu. Terus sampahnya juga nanti yang ngambil pemuda, setelah sampah terkumpul, akan dipilah mana yang organik mana yang tidak," ungkapnya.

Dirinya menambahkan bahwa program TPSM ini sudah menjalin koordinasi dengan Kepala Desa (Kades) Tegalwangi dan mendapat respon baik.

"Alhamdulillah Kepala Desa Tegal Wangi sudah mengetahui, dan Beliau menerima dengan baik program yang dilakukan pemuda dan warga," pungkasnya.


Endang berharap, semoga keberadaan TPSM dapat dimanfaatkan dengan baik. Dan sampah rumah tangga yang dihasilkan dari 70 kepala keluarga di Kampungnya, dapat terkelola dengan baik.

"Karena kalau sampahnya sudah dikelola dengan baik, pasti bisa menjaga lingkungan tetap bersih, dan juga sehat bagi keluarga kita dan warga lainnya," harapnya.

Halaman:

Editor: Rahman Malik

Tags

Terkini

Kejari Pandeglang Bagi-bagi Takjil Bareng Wartawan

Kamis, 14 April 2022 | 12:35 WIB
X