• Senin, 23 Mei 2022

Sempat Keracunan Makanan, Ratusan Warga Cijaku Kabupaten Lebak Dinyatakan Sembuh

- Rabu, 26 Januari 2022 | 14:37 WIB
Surat Pernyataan  (Rijal)
Surat Pernyataan (Rijal)

Fajarbanten.com - Ratusan warga yang diduga mengalami keracunan di Kecamatan Cijaku, dinyatakan sembuh dan sudah kembali ke rumahnya masing-masing, Selasa 25 Januari 2022 sekitar pukul 16.00.

Dari data yang diterima, sebanyak 181 sudah pulang termasuk 3 orang yang sempat dirujuk ke RSUD Malingping juga sudah sembuh dan pulang kerumahnya.

Sementara itu, hasil Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Lebak, penyebabnya diduga bakteri E Coli dan Salmonella.

“Kambing gulai ayam, tempe goreng E.coli Positif dan telur rebus salmonella positif. Kalau mie itu negatif,” kata Kepala unit pelaksana teknis daerah Labkesda Lebak, Agung Nugraha kepada sejumlah awak media.

Menurut Agung, adanya bakteri E coli di dalam makanan tersebut disinyalir lantaran proses pengolahannya tidak dilakukan secara higienis.

Kepala Puskesmas Cijaku, Susilo Supriyanto, mengatakan, sebanyak 104 pasien yang dirawat dan 76 pasien rawat jalan karena menderita gejala, pusing, mual dan muntah setelah mengkonsumsi makanan dari kegiatan syukuran dan santunan yatim piatu dinyatakan sembuh dan sudah pulang kerumahnya.

“Alhamdulilah 104 pasien yang menjalani perawatan medis rawat inap di Puskesmas Cijaku dan tiga orang pasien dirujuk ke RSUD Malingping sudah dinyatakan sembuh. Hari ini (Selasa) sekitar pukul 16.00 semua pasien sudah pulang,” katanya.

Meski demikian, lanjut Susilo, pihaknya tetap akan memantau perkembangan dan telah memberitahukan pihak keluarga atau pasien untuk menginformasikan perkembangannya.

“Kita tetap membantu, kalau memang masih ada keluhan lagi agar secepatnya dibawa ke Puskesmas,” tuturnya.

Susilo menambahkan, dalam penanganan pasien masalah yang terjadi sejak Jum'at pekan kemarin, pihaknya mengerahkan sebanyak 50 tenaga medis di Puskesmas yang dipimpinnya.

Halaman:

Editor: Rahman Malik

Tags

Terkini

Bulan suci Ramadhan, Kapolsek Malingping Gelar Anev

Selasa, 26 April 2022 | 15:38 WIB

Pemuda Pancasila Lebak Salurkan Bantuan Al-Qur'an

Senin, 18 April 2022 | 13:30 WIB

Jalin silaturahmi PWI Lebak Gelar Buka Bersama

Jumat, 15 April 2022 | 20:08 WIB
X