• Kamis, 7 Juli 2022

300 Rak Terumbu Karang Kembali Ditanam di Pulau Liwungan dan Badul

- Kamis, 24 Maret 2022 | 23:49 WIB
Forum Pelestari Terumbu Karang (FPTK) Banten  tebar  Sebanyak 300 rak laba-laba (spider web) (Daday )
Forum Pelestari Terumbu Karang (FPTK) Banten tebar Sebanyak 300 rak laba-laba (spider web) (Daday )
FAJARBANTEN.COM- Sebanyak 300 rak laba-laba yang menjadi media tanam terumbu karang, telah ditebar dan ditanamkan di kawasan perairan Pulau Liwungan, Kecamatan Panimbang, serta di perairan Pulau Badul, Kecamatan Sumur, Pandeglang, yang menjadi kegiatan Program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (PTPB) PT. Telkom Indonesia.
 
Kegiatan PTPB melalui Gerakan Rehabilitasi Terumbu Karang (GRTK) yang disponsori langsung oleh salah satu perusahaan telekomunikasi ini, juga melibatkan Lembaga Amil Zakat Harapan Dhuafa (Laz Harfa) dan Forum Pelestari Terumbu Karang (FPTK) Banten.
 
Direktur Program dan Kemitraan Laz Harfa, Mamak Jamaksari, mengatakan. Sebanyak 300 rak laba-laba (spider web) telah ditanamkan di perairan Pulau Liwungan sebanyak 200 rak, dan di Pulau Badul sebanyak 100 rak, dengan rata-rata per rak berisi 10-18 bibit biota terumbu karang.
 
“Alhamdulilah, kegiatan konservasi terumbu karang melalui kegiatan PTPB PT. Telkom ini, telah selesai dilaksanakan. Hari ini, kami melaksanakan transplantasi terumbu karang di Pulau Liwungan, Panimbang, dan sekitar 50 rak laba-laba ditanam hari ini, bersama rekan-rekan dari FPTK Banten dan Anak Pantai Cipanon," jelas Mamak, yang saat itu didampingi oleh Direktur Harfa Rescue Indonesia, Ii Irfan, Imam Hidayat (Manajer Program), Indah Badi’ah (Staf Program Development), Restiana (Relawan Program), Siradjuddin Abbas (Staf Media Komunikasi) dan Andi Ruli Pabenteng (Relawan Media Komunikasi).
 
Direktur Program dan Kemitraan Laz Harfa ini, juga berharap program yang telah dilaksanakan tersebut membawa manfaat bagi warga sekitar, maupun bagi kelangsungan biota laut dimasa depan.
 
“Mudah-mudahan, terumbu karang yang sudah ditransplantasi tersebut, bisa tumbuh dengan baik, sehingga kelak bisa menjadi rumah bagi ikan di sekitar lokasi kegiatan dan membawa berkah bagi warga secara umum,” tambahnya.
 
Selain itu, Mamak atas nama Laz Harfa menyampaikan terima kasih dan penghargaannya kepada semua pihak yang terlibat dan mensukseskan PTPB Telkom melalui kegiatan Konservasi Terumbu Karang di Pulau Badul dan Pulau Liwungan. “Terutama kepada FPTK Banten, APC dan pengelola Kampoeng Nelayan Cottage & Resto,” tutupnya.
 
Sementara itu, Koordinator FPTK Banten, Nurwarta Wiguna menyampaikan terima kasih dan penghargaan pula kepada PT. Telkom Regional Banten serta Laz Harfa atas kepeduliannya dalam upaya pelestarian biota terumbu karang di Pulau Badul dan Pulau Liwungan. Karena menurutnya, kegiatan dalam upaya pengurangan risiko bencana berbasis pelestarian alam dan juga bagian dari sustainable livelihood (matapencaharan berkelanjutan) tersebut sangat penting untuk terus diperhatikan oleh semua pihak.
 
“Kami berharap, program ini bisa berlanjut di tahun-tahun berikutnya dan mudah-mudahan jejaknya bisa menjadi contoh dan diikuti oleh semua pihak, terutama perusahaan-perusahaan lainnya, sehingga kegiatan transplantasi terumbu karang bisa menjadi gerakan masif pada masyarakat, khususnya nelayan,” ungkapnya.
 
Selain Nurwarta, salah seorang warga dari Kampung Ketapang, Desa Tunggaljaya, Kecamatan Sumur, Pandeglang, Ruyadinata juga mengungkapkan rasa terimakasihnya bagi semua pihak yang telah perduli pada kelestarian terumbu karang, yang menjadi tempat bagi ikan-ikan berkembang biak.
 
“Kami sampaikan terima kasih kepada PT. Telkom dan Laz Harfa, selain Pulau Badul direhabilitasi terumbu karangnya, kami juga telah diberi bekal ilmu dan keterampilan membuat rak laba-laba sebagai media tanam terumbu karang. Mudah-mudahan kegiatan ini terus berlanjut,” pungkasnya. (Daday)

Editor: Rahman Malik

Tags

Terkini

PLN Gandeng BUMDes Manfaatkan FABA di Pandeglang

Jumat, 17 Juni 2022 | 17:08 WIB
X