Kasus Kekerasan Terhadap Anak di Pandeglang Cukup Meningkat

- Kamis, 19 Mei 2022 | 21:34 WIB
Bupati Pandeglang Irna Narulita (Asep)
Bupati Pandeglang Irna Narulita (Asep)

Fajarbanten.com - Selama masa pandemi Covid 19 pada tahun 2020 dan tahun 2021. Kasus kekerasan seksual terhadap anak di Kabupaten Pandeglang mengalami peningkatan.

Berdasarkan data yang di himpun oleh Kejaksaan Negeri (Kejari), dan Polres Pandeglang, tindak pidana kekerasan pada anak tahun 2020 sebanyak 28 perkara, tahun 2021 meningkat 70 kasus, dan tahun 2022 sebanyak 9 kasus.

Tercatat, data kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Pandeglang, pemerkosaan, persetubuhan, pencabulan, dan kekerasan dalam rumah tangga.

Kepala Kejaksaan Negeri Pandeglang Helena Octaviane mengatakan, tingginya kasus kekerasan terhadap anak dan narkotika di Kabupaten Pandeglang, pihaknya selalu melakukan sosialisasi pencegahan kekerasan terhadap anak, dan narkotika bagi pelajar.

"Dari data pihak kepolisian lumayan tinggi. Makanya, hari ini kami (red Kejaksaan ) bersinergi dengan kepolisian dan TNI melaksanakan sosialisasi pencegahan kekerasan terhadap anak, narkotika, dan bela Negara di lingkungan pendidikan," kata Helena, ditemui usai sosialisasi pencegahan kekerasan terhadap anak, narkotika, dan bela Negara di lingkungan pendidikan bagi santri pondok pesantren Kun Karima, Kamis 19 Mei 2022.

Kasatreskrim Polres Pandeglang AKP Fajar Maulidi membernarkan, kasus kekerasan anak tahun lalu mengalami kenaikan. Sementara kasus tersebut korbannya berusia 13-18 tahun.
"Selama pandemi kasus kekerasan anak yang paling tinggi tahun 2020-2021. Persetubuhan anak yang paling banyak akibat media sosial, handphone dan kurangnya pengawasan orang tua,"jelasnya.

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, kasus kekerasan anak cukup tinggi. "Korban kekerasan anak hampir 75 persen perempuan dan anak dengan usia 13-18 tahun. Faktornya salah pergaulan, keluarga kurang harmonis, dan tontonan yang tidak baik. Semoga dengan sosialisasi memberikan pencegahan dan pengetahuan hukum kepada anak-anak kami," katanya. (Asep)

Editor: Rahman Malik

Tags

Terkini

PLN Gandeng BUMDes Manfaatkan FABA di Pandeglang

Jumat, 17 Juni 2022 | 17:08 WIB
X