PUB Pandeglang dan Forum Komunikasi Sosial Cibitung Adakan Silahturahmi dan Penyuluhan Pertanian

- Jumat, 27 Mei 2022 | 12:34 WIB
Mantan Menteri Pertanian era kabinet Indonesia Bersatu Dr. Ir. Anton Apriyantono, kamis 26 Mei 2022 berkesempatan hadir dalam acara Silaturahim antara Perkumpulan Urang Banten (PUB) Kabupaten Pandeglang (Jf)
Mantan Menteri Pertanian era kabinet Indonesia Bersatu Dr. Ir. Anton Apriyantono, kamis 26 Mei 2022 berkesempatan hadir dalam acara Silaturahim antara Perkumpulan Urang Banten (PUB) Kabupaten Pandeglang (Jf)

fajarbanten.com - Mantan Menteri Pertanian era kabinet Indonesia Bersatu Dr. Ir. Anton Apriyantono, kamis 26 Mei 2022 berkesempatan hadir dalam acara Silaturahim antara Perkumpulan Urang Banten (PUB) Kabupaten Pandeglang dengan Forum Komunikasi Sosial Desa Cibitung Kecamatan Munjul.

Dalam kesempatan tersebut, Anton mengevaluasi keberadaan Kelompok Tani (Poktan) dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Desa Cibitung yang belum berperan optimal. Dari 12 kelompok tani yang ada, hanya 2 saja yang aktif. Anton berharap Poktan dan Gapoktan ini lebih aktif dan produktif.

Selanjutnya Anton menyampaikan bahwa Poktan dan Gapoktan harus kembali menunjukkan perannya di dalam memajukan pertanian dan menjadikan petani sebagai profesi terhormat.


"Selama ini, masyarakat mengganggap petani sebagai profesi kelas pinggiran dan tidak punya prestise, padahal di negara luar, menjadi petani itu keren, berdasi, bermobil dan sangat menjanjikan kemakmuran. Untuk merubah image tersebut, Poktan dan Gapoktan harus dapat membuktikan bahwa profesi petani itu sangat menjanjikan dan dapat menyejahterakan taraf hidup masyarakat," papar Anton

"Jika Poktan dan Gapoktan ini dapat membuktikan diri dan merubah image 'kelas pinggiran' tersebut, maka akan semakin banyak pemuda yang mau menjadi petani. Dengan semakin banyaknya pemuda yang mau menjadi petani, akan semakin banyak sumber daya manusia yang mengolah potensi pertanian negeri ini dengan baik, yang akan berimbas pada tingkat kesejahteraan petani itu sendiri," pungkasnya.

Sementara itu Nuryasin, ketua Forum Komunikasi Sosial Cibitung (FKSC), menaruh harapan besar bagi kelanjutan pembinaan dan pengawasan kelompok tani ini, dan menyadari belum optimalnya peran poktan dan gapoktan di dalam memajukan pertanian khususnya di wilayah desa Cibitung.


"Pemerintah memang sangat membutuhkan organisasi seperti PUB ini yang sangat membantu kelanjutan program-program yang telah dilaksanakan oleh pemerintah, tetapi tidak berlanjut karena keterbatasan dana, terutama setelah adanya musibah covid-19. Untuk itu kami sangat berterima kasih dan berharap pembinaan dan evaluasi seperti ini terus dilakukan oleh PUB," ujarnya.

Adapun ketua PUB Pandeglang H. Wawan Ridwan yang juga hadir pada acara itu menyampaikan bahwa PUB akan selalu siap di garda terdepan di dalam membantu program-program pemerintah terutama untuk kemajuan pemerintah daerah Pandeglang.


"Kami sudah seringkali bersinergi bersama-sama pemerintah daerah membantu menyukseskan program-program pemerintah supaya berjalan maksimal, seperi program vaksinasi covid, bantuan kebencanaan, pertanian, seperti pembinaan poktan dan gapoktan ini, juga di bidang ekonomi seperti membantu pembinaan UMKM dan lain-lain," jelas Wawan. (jf)

Editor: Rahman Malik

Tags

Terkini

PLN Gandeng BUMDes Manfaatkan FABA di Pandeglang

Jumat, 17 Juni 2022 | 17:08 WIB
X