• Kamis, 11 Agustus 2022

DLH, Kejari Pandeglang Canangkan Bebas Plastik 1 Kali Pakai

- Jumat, 17 Juni 2022 | 12:35 WIB
DLH dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Pandeglang melakukan penandatanganan kesepakatan bersama pencanangan kawasan bebas plastik 1 kali pakai di kantor Kejari, Kamis 16 Juni 2022. (asep)
DLH dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Pandeglang melakukan penandatanganan kesepakatan bersama pencanangan kawasan bebas plastik 1 kali pakai di kantor Kejari, Kamis 16 Juni 2022. (asep)

Fajarbanten.com - Untuk mengurangi volume sampah di Kabupaten Pandeglang. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Pandeglang melakukan penandatanganan kesepakatan bersama pencanangan kawasan bebas plastik 1 kali pakai di kantor Kejari, Kamis 16 Juni 2022.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pandeglang Ahmad Saepudin mengatakan, dengan adanya kerjasama penanganan sampah persoalan sampah di Pandeglang dapat tertangani.

"Mudah-mudahan dengan kawasan bebas plastik 1 kali pakai, sampah-sampah plastik bisa tertangani," katanya.

Menurutnya, sampah di Pandeglang setiap harinya mencapai 80 ton. Sampah tersebut berasal dari rumah tangga, dan sampah organik maupun non organik. "Dari 80 ton sampah, 40 persennya sampah plastik," ujarnya.

Saepudin menjelaskan, penanganan sampah di Pandeglang saat ini sudah di pihak ketigakan. Namun pengelolaannya tidak berjalan dengan baik. Bahkan, pihak pengelola belum menyetorkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) retribusi sampah pasar sekitar Rp350 juta.

"Sekarang untuk pengelolaan sampah pasar sama PT SPK (Setia Panca Karya). Tapi pengelolaan dan pengangkutan sampah di 9 pasar belum berjalan optimal dan lambat. Pihak SPK juga sepeserpun belum menyetorkan PAD sampah tahun ini Rp 350 juta," jelasnya.

Kepala Kejari Pandeglang Helena Octaviane menginginkan, penanganan sampah di Pandeglang berjalan dengan baik. Salah satunya dengan pencanangan kawasan bebas plastik 1 kali pakai.

"Saya lihat sampah di Pandeglang harus menjadi penanganan, dan kejaksaan harus berperan. Dengan program kawasan bebas plastik 1 kali pakai dapat mengurangi volume sampah plastik, dan sampah plastik di Pandeglang berkurang," tegas Helena, didampingi Kasi Intel Kejari Pandeglang Wildan.

Pihaknya berharap, penanganan sampah di Pandeglang kedepan berjalan dengan baik. Salah satunya dengan membentuk bank sampah, hingga sampah plastik dapat menjadi nilai ekonomis. "Harapannya sampah plastik ini bisa dikelola, dan didaur ulang. Sekarang kami juga lagi masyarakat Pandeglang yang bisa mendaur ulang sampah," harapnya. (Asep)

Editor: Rahman Malik

Tags

Terkini

Kacab BRI Pandeglang di Periksa Kejari

Kamis, 4 Agustus 2022 | 16:36 WIB

Pastikan Berizin, Dewan Akan Sidak Tambak Udang

Jumat, 15 Juli 2022 | 09:03 WIB
X