• Rabu, 17 Agustus 2022

Warga Keluhkan Banyak Kendaraan Lulus Tanpa Diuji Laik Jalan

- Selasa, 12 Juli 2022 | 19:26 WIB
Pengujian kendaraan atau uji KIR melalui aplikasi pengujian kendaraan bermotor si laik milik Dinas Perhubungan Kabupaten Pandeglang diduga tidak melaksanakan fungsinya. (Asep)
Pengujian kendaraan atau uji KIR melalui aplikasi pengujian kendaraan bermotor si laik milik Dinas Perhubungan Kabupaten Pandeglang diduga tidak melaksanakan fungsinya. (Asep)

Fajarbanten.com - Pengujian kendaraan atau uji KIR melalui aplikasi pengujian kendaraan bermotor si laik milik Dinas Perhubungan Kabupaten Pandeglang diduga tidak melaksanakan fungsinya.

Pasalnya, diduga ada beberapa kendaraan yang diloloskan pengujian kendaraan. Meski kendaraan tersebut tidak dilakukan pengecekan oleh tim penguji. Namun tiba-tiba menerima sertifikat penguji. "Ya, ada kendaraan lain yang gak datang ke kantor Dishub, tapi kartu ujinya keluar. Contoh kita mah mengikuti aturan, kalau uji KIR busnya dibawa ke kantor Dishub. Kalau misalkan kendaraan yang mau diuji harus ke kantor Dishub, semua juga harus ke kantor Dishub," keluh Uung Humaedi, Pengurus Bus Dwi Murni, Selasa 12 Juli 2022.

Dirinya berharap, semua kendaraan dilakukan pengujian kelayakan beroperasi oleh tim penguji. Sebab, kelayakan kendaraan diketahui dari pengujian. Jika tidak diuji khawatir terjadi kecelakaan lalulintas. "Harapannya semua kendaraan di tes uji laik jalan, kalau memang kendaraan yang mau uji KIR datang ke kantor Dishub gak apa-apa, tapi semua kendaraan harus datang," bebernya.

Menurutnya, jika kendaraan tidak dilakukan pengujian, khawatir terjadi kecelakaan lalulintas di jalan raya. Sebab, peristiwa kecelakaan sering terjadi diduga akibat kerusakan kendaraan, baik angkutan barang dan penumpang. "Kalau ada kendaraan tidak laik jalan kan bisa diketahui, dan tidak boleh beroperasi. Seperti kemarin saya uji KIR, dan kacanya ada yang pecah, harus diperbaiki dulu," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pandeglang, Atang Suhana mengatakan, akan menindaklanjuti keluhan warga soal uji KIR. Sebab, pihaknya baru dipercaya menjabat kepala Dishub. "Nanti saya cari tahu. Makasih informasinya. Saya kan baru dilantik dan diambil sumpah hari ini," singkatnya. (Asep)

Editor: Rahman Malik

Tags

Terkini

GP Ansor Pandeglang Gelar Susbalan

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 13:15 WIB

Kacab BRI Pandeglang di Periksa Kejari

Kamis, 4 Agustus 2022 | 16:36 WIB
X