• Senin, 26 September 2022

Ratu Tatu Raih Penghargaan Tokoh Penggerak Koperasi  

- Senin, 25 Juli 2022 | 19:24 WIB
Ratu Tatu Chasanah menerima penghargaan sebagai tokoh Penggerak Koperasi Madya dari Menko Perekonomian Airlangga Hartanto, Sabtu 23 Juli  2022 (Yogi )
Ratu Tatu Chasanah menerima penghargaan sebagai tokoh Penggerak Koperasi Madya dari Menko Perekonomian Airlangga Hartanto, Sabtu 23 Juli 2022 (Yogi )

Fajarbanten.com - Bupati Serang yang juga Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Provinsi Banten, Ratu Tatu Chasanah meraih penghargaan ‘Tokoh Penggerak Koperasi Madya’ dari Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin). Apresiasi ini diberikan atas kepedulian Ratu Tatu terhadap pengembangan koperasi dan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Pemberian penghargaan diberikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko) Republik Indonesia, Airlangga Hartarto serta diterima Asisten Daerah (Asda) I Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Serang, Nanang Supriatna, mewakili Bupati Serang, pada Puncak Peringatan Hari Koperasi ke-75 Tahun 2022 di Stadion Kebon Dalem Jalan Stadion Baru Kebon Dalem, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Sabtu 23 Juli  2022.

“Saya mewakili Ibu Bupati yang menerima penghargaan selaku Tokoh Penggerak Koperasi Madya yang diberikan oleh Menko Perekonomian, Pak Airlangga Hartanto,” sebut Nanang Supriatna melalui siaran pers.

Nanang mengungkapkan, atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Serang merasa bangga atas penghargaan yang diberikan kepada Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah. “Ini merupakan bentuk pengakuan dan penghargaan atas kiprah Ibu Bupati dalam memajukan perekonomian di wilayah Kabupaten Serang,” ujarnya.

Sekadar diketahui, Ratu Tatu sendiri telah meraih Satyalancana Kebaktian Sosial bidang Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari Presiden Joko Widodo. Penghargaan diberikan pada Peringatan Hari Koperasi ke-70 di Sulawesi Selatan, 2017 lalu.

Pengembangan koperasi dan UMKM menjadi prioritas Pemkab Serang. Selain pembinaan dan penguatan yang ada, juga diprogramkan 50 koperasi baru setiap tahun dapat terbentuk dengan baik. Kemudian program UMKM Bisa, Bela Beli Sejahtera. Melalui program ini, pemberdayaan UMKM dilakukan dari hulu hingga hilir.

Penghargaan tahun ini bertepatan dengan hari ulang tahun Ratu Tatu yang ke 55 tahun pada 23 Juli. “Teriring doa dari kami semua, semoga ibu Bupati Serang selalu amanah dalam memimpin Kabupaten Serang, dan senantiasa diberikan kesehatan panjang umur, keselamatan dunia akhirat dan keberkahan sekeluarga,” ucap Nanang.

Ratu Tatu mengaku bersyukur atas penghargaan tersebut. Menurutnya, kebangkitan ekonomi akibat tekanan pandemi Covid-19 harus dimulai dari ekonomi masyarakat, salah satunya koperasi dan UMKM. “Alhamdulillah, penghargaan saya persembahkan untuk para pelaku koperasi dan UMKM di Kabupaten Serang,” ujarnya.

Sementara itu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam sambutannya menyampaikan koperasi telah berkontribusi terhadap 5,1 persen PDB Indonesia dan akan terus didorong agar mampu memberikan kontribusi sebesar 5,5 persen PDB pada 2024.

Hingga awal Juli 2022, Indonesia juga tercatat memiliki sekitar 236 ribu unit koperasi. Dengan jumlah anggota sekitar 26,96 juta orang. “Jumlah dan kontribusi yang diberikan koperasi perlu untuk terus kita dorong dan dioptimalkan lebih jauh lagi agar mampu memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat,” ujarnya.(*/yogi)

Halaman:

Editor: Rahman Malik

Tags

Terkini

Bupati Serang Lepas Ratusan Jemaah Calon Haji

Rabu, 15 Juni 2022 | 21:36 WIB

Bupati Serang Gelar Halal Bihalal Terbatas

Selasa, 10 Mei 2022 | 10:54 WIB

Bupati Serang Pastikan Anyer Aman Bagi Wisatawan

Sabtu, 30 April 2022 | 09:01 WIB
X