• Rabu, 17 Agustus 2022

Warga Desa Banyumas Minta PT Alpindo LF Makmur Tak Abai Pada Aspek Lingkungan

- Sabtu, 30 Juli 2022 | 12:15 WIB
peternakan ayam milik PT Alpindo LF Makmur tidak mengabaikan aspek lingkungan. (Asep)
peternakan ayam milik PT Alpindo LF Makmur tidak mengabaikan aspek lingkungan. (Asep)

Fajarbanten.com - Sejumlah warga di Desa Banyumas, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pandeglang, Banten meminta pengusaha peternakan ayam milik PT Alpindo LF Makmur tidak mengabaikan aspek lingkungan.

Sebab warga khawatir perusahaan tersebut dapat berdampak buruk pada pencemaran udara dan sumber air yang ada di wilayah tersebut. Mengingat lokasi pembangunan peternakan berada wilayah di dataran tinggi.

"Lumayan khawatir sih karena lokasinya di dataran tinggi, sementara di bawah nya ada sawah dan sungai juga. Penyerapan air limbahnya takut ke sawah dan sungai itu," kata warga sekitar yang enggan disebut namanya, Jumat 29 Juli 2022.

Dia juga menekankan agar pihak perusahaan melibatkan warga dalam proses pembangunan. Supaya dikemudian hari, warga tidak merasa dirugikan, karena pada prinsipnya warga tidak menolak rencana pembangunan peternakan ayam tersebut.

"Intinya silahkan saja membangun peternakan di sana selama itu sesuai dengan pola ruang mah, cuma kalau ada apa-apa warga harus dilibatkan supaya kami tahu di sana peternakanya seperti apa dan apa saja yang disiapkan untuk meminimalisir dampak lingkungan," tutupnya.

Sementara Kepala Desa Banyumas Iin Endah Kumala mengatakan, rencana PT Alpindo LF Makmur untuk berinvestasi di wilayahnya dari tahun 2021. Kala itu, PT tersebut sudah mengurus izin lingkungan atau izin persetujuan warga.

"Kaitan dengan izin lingkungan atau surat persetujuan warga, yang saya tahu hal tersebut sudah ada sebelum saya menjabat sebagai kepala desa, dan infonya dokumen itu sudah di sampaikan oleh pihak Alpindo ke dinas perizinan kalau tidak salah itu di buat di awal tahun 2021," kata Iin.

Sedangkan kaitan dengan kekhawatiran dampak lingkungan, Iin meminta Dinas terkait melakukan kajian yang matang terlebih dahulu. Sebab sejauh ini, Iin belum mengetahui apakah sudah dilakukan kajian atau belum.

"Saya kira hal tersebut akan dilakukan kajian oleh dinas terkait dan hal tersebut saya belum tau apakah sudah dilakukan peninjauan atau belum oleh dinas terkait," ujarnya.

Iin berharap kehadiran PT Alpindo dapat membawa dampak positif bagi warga Banyumas. Terutama kaitan dengan penyerapan tenaga kerja lokal yang harus menjadi prioritas.

Halaman:

Editor: Rian Nopandra

Tags

Terkini

GP Ansor Pandeglang Gelar Susbalan

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 13:15 WIB

Kacab BRI Pandeglang di Periksa Kejari

Kamis, 4 Agustus 2022 | 16:36 WIB
X