• Kamis, 1 Desember 2022

Pemkab Lebak Minta Panitia Sosialisasikan Tahapan Pilkades

- Selasa, 23 Agustus 2022 | 21:07 WIB
Asda 1 Pemkab Lebak Alkadria (Ajat)
Asda 1 Pemkab Lebak Alkadria (Ajat)

FAJARBANTEN.COM- Pemerintah Kabupaten (Lebak) melalui Ketua Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) setempat meminta agar panitia Pilkades di masing-masing desa untuk mensosialisasikan setiap tahapan Pilkades ke masyarakat. Karena, pelaksanaan Pilkades serentak tahap 2 di Kabupaten Lebak akan di ikuti sebanyak 66 desa dijadwalkan akan digelar November 2022 mendatang.

Ketua Pilkades Tingkat Kabupaten Lebak, Alkadri mengatakan, salah satu tahapan penting yakni mengecek dengan aktif data pemilih. Karena, suksesnya Pilkades bisa dilihat dari banyaknya pemilih yang datang ke tempat pemilihan suara.

"Panitia harus mengimbau agar masyarakat berpartisipasi semaksimal mungkin dengan aktif mengecek namanya apakah sudah masuk atau belum dalam daftar pemilih setelah DPS (Daftar pemilih sementara) diumumkan,” kata Alkadri yang juga Asda 1 Pemkab Lebak kepada wartawan, Selasa 23 Agustus 2022.

Masih katanya, pendataan DPS oleh panitia akan dilakukan pada pertengahan hingga akhir bulan November. Tahapan kemudian dilanjutkan dengan pendataan daftar pemilih tambahan (DPTb) sampai bulan November. Panitia melakukan coklit (pencocokan dan penelitian) atas data terakhir hasil pemutakhiran data pemilih yang sumbernya ada dua, yakni daftar pemilih tetap (DPT) sebagai pemilih terakhir yang dikelola KPU dan DP4 atau data penduduk potensial pemilih yang dikelola Kemendagri melalui Disdukcapil.

"Coklit ini sangat penting dilakukan panitia, untuk mengetahui data terakhir yang akurat," ujar Alkadri .

Masih katanya lagi, untuk meminimalisir masyarakat yang sudah memiliki hak pilih namun tidak masuk dalam daftar pemilih, Alkadri berharap, para bakal calon kades juga aktif memantau pelaksanaan coklit data pemilih

"Agar tidak ada masalah dikemudian hari terkait DPT, semua pihak termasuk calon kades ikut mengawasi jalannya coklit," tuturnya.

Sementara itu, Kabag Hukum Pemkab Lebak, Wiwin Budhyarti mengaku, Pemkab Lebak juga melakukan pembenahan terhadap Perbup tentang Tata Cara Pilkades Serentak tahun 2022. Salah satu poin yang diatur adalah mengenai alat peraga kampanye.
Mulai dari ukuran, waktu hingga lokasi pemasangan bakal diatur di dalam Perbup.

“Selama ini kan APK belum ada diatur secara khusus ya, lalu kami lihat juga bagaimana regulasi di atasnya seperti apa. Misalnya soal ukuran jangan sampai yang ini segini tapi yang lain beda, begitu juga soal waktu dan titik mana aja yang boleh dan tidak dipasang APK, hal ini akan diatur,” kata Wiwin Budhyarti. (Ajat)

Editor: Rahman Malik

Tags

Terkini

PGRI Malingping Gelar HUT ke 77 dan HGN Tahun 2022

Sabtu, 26 November 2022 | 15:01 WIB

Si Jago Merah Lahap Dapur Rumah Seorang Janda

Senin, 7 November 2022 | 17:23 WIB

Dapur Rumah Milik Warga Desa Rahong Terbakar

Senin, 7 November 2022 | 17:15 WIB

Pemdes Kadu Agung Timur Gelar Khitanan Massal

Minggu, 23 Oktober 2022 | 14:04 WIB

Jalin Sinergitas, Kejari Kunjungi Kantor PWI Lebak

Jumat, 7 Oktober 2022 | 17:06 WIB

Kapolsek Malingping hadiri Sosialisasi  PT PNM

Selasa, 4 Oktober 2022 | 13:10 WIB
X