Jalan Lewibalang Cikeusik, Baru Satu Tahun Menjadi Kewenangan Desa

- Kamis, 10 November 2022 | 20:27 WIB
Jalan Lewibalang Cikeusik, Baru Satu Tahun Menjadi Kewenangan Desa (Iman)
Jalan Lewibalang Cikeusik, Baru Satu Tahun Menjadi Kewenangan Desa (Iman)

FAJARBANTEN.COM - Kepala Desa Leuwibalang, Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang Sarnata mejelaskan, kondisi infrastruktur jalan di wilayahnya. Sekitar lima kilometer rusak parah sehingga tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat. Menurut Sarnata, dirinya baru menjabat satu tahun di desa, awalnya dia sempat mendengar jika jalan tersebut statusnya jalan Kabupaten. Namun, setelah menjabat kepala desa, ia baru tahu jalan itu kewenangan desa sebab status jalannya di limpahkan ke Desa.

"Katanya dulu jalan kabupaten, tapi setelah saya menjabat katanya masuk jalan desa," kata Sarnata saat ditanya wartawan.

Sebab, jalan akses jalan yang buruk membuat warganya sangat kesulitan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, sehingga terpaksa harus ditandu menggunakan sarung.

"Hal seperti itu sering dilakukan oleh warga setempat, jika ada yang sakit atau mau melahirkan harus ditandu," tuturnya.

Lantaran jalan tersebut kewenangannya ada di Desa, Sarnata mengaku akan memaksimalkan Dana Desa (DD) untuk memperbaiki jalan tersebut. Tak hanya itu dirinya sempat mengajukan proposal ke beberapa pihak termasuk Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan (DPUPR) untuk pengajuan perbaikan jalan tersebut.

Sayang usahanya belum membuahkan hasil, padahal ia berharap jalan tersebut segera ditangani supaya tidak adalagi cerita warga harus ditandu karena persoalan akibat akses jalan yang buruk.

"Untuk itu, sekuat tenaga akan saya gunakan dana desa untuk jalan ini. Panjang lima kilometer untuk menyambungkan dari jalan yang di cor ke desa Leuwibalang. Saya udah bawa proposal ke mana-mana termasuk ke PU provinsi Banten mungkin ini bukan rezeki saya," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Sukminah terpaksa harus ditandu untuk bisa kembali ke rumahnya sejauh lima kilometer usai menjalani operasi caesar di salah satu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Serang, Minggu 6 November 2022. (Iman)

Editor: Rahman Malik

Tags

Terkini

Mantapkan Bintek PPS, KPU Gelar Rakor dengan PPK

Senin, 30 Januari 2023 | 20:29 WIB

Dana BSM di SDN Sukasada 2 Pastikan Diterima Utuh

Selasa, 24 Januari 2023 | 12:59 WIB

Bupati Irna Jadi Penentu Jabatan Sekda Difinitif

Jumat, 20 Januari 2023 | 17:50 WIB

Hampir Tertimpa, Rumah Janda Anak Tiga Ambruk

Selasa, 3 Januari 2023 | 16:43 WIB
X