• Jumat, 2 Desember 2022

Kunjungi Lapas Cilegon, Direktur Yantah Lola Basan Baran Beri Edukasi Terkait Layanan Warga Binaan

- Kamis, 17 November 2022 | 16:45 WIB
Kunjungi Lapas Cilegon, Direktur Yantah Lola Basan Baran Beri Edukasi Terkait Layanan Warga Binaan (Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Cilegon)
Kunjungi Lapas Cilegon, Direktur Yantah Lola Basan Baran Beri Edukasi Terkait Layanan Warga Binaan (Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Cilegon)

FAJARBANTEN.COM - Direktur Pelayanan Tahanan dan Pengelolaan Basan Baran Direktorat Jendral Pemasyarakatan Budi Sarwono menyambangi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Cilegon Kanwil Kemenkumham Banten, Kamis 17 November 2022 siang. Kehadirannya, diterima langsung oleh Kalapas Cilegon Enjat Lukmanul Hakim.

Dalam kunjungannya Budi Sarwono memberikan motivasi kepada jajaran Lapas Cilegon. Budi juga memberikan arahan terkait asessment kepada warga binaan. Menurutnya, asessment kepada warga binaan bertujuan untuk mengetahui sudah sejauh mana warga binaan mengikuti pembinaan yang ada di Lembaga Pemasyarakatan.

"Dengan asessment, nanti bisa diketahui warga binaan yang masuk, ini bakat nya apa, minatnya apa, pengetahuan nya apa, jadi akan ketahuan semua data dirinya," ujarnya.

Budi juga menambahkan, hasil dari asessment juga akan menjadi penilaian untuk pemenuhan hak bersyarat terhadap warga binaan. Menurutnya, hak tersebut baru bisa didapat dengan menjalankan kewajiban selama di lapas.

"Salah satunya karena diberlakukannya UU Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan dan telah terbitnya petunjuk teknis tentang pemenuhan hak bersyarat terhadap warga binaan," tandasnya.

Sementara itu, Kalapas Kelas IIA Cilegon, Enjat Lukmanul Hakim berharap petugas Lapas Cilegon dapat bekerja sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) demi memberikan pelayanan terbaik ke seluruh warga binaan di lingkungan Lapas Cilegon.

"Seluruh petugas Pemasyarakatan diwajibkan untuk bekerja sesuai SOP. Karena prosedur yang diberikan sudah pasti memiliki kekuatan sebagai suatu petunjuk yang bersifat mengikat. Salahsatu tujuannya yaitu menjamin Pelayanan Pemasyarakatan yang berkualitas," pungkasnya.(**)

Editor: Rahman Malik

Tags

Terkini

Ketua Mawil Banten Lantik Ketua MADA KKPMP Cilegon

Senin, 24 Oktober 2022 | 10:10 WIB
X