Kompak! Napi dan Petugas Lapas Pemuda Tangerang Bisa Budidaya Jamur Tiram Dibalik Tembok Penjara

- Sabtu, 26 November 2022 | 15:47 WIB

TANGERANG - Berada dibalik jeruji besi bukan alasan bagi nrapidana untuk berhenti belajar dan berkreatifitas. Bahkan banyak kegiatan yang wajib di ikuti oleh narapidana sebagai bentuk pembinaan kemandirian. Sabtu(26/11/2022).

Berkaca dari hal tersebut, Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang Kanwil Kemenkumham Banten berkomitmen untuk terus memberikan pelatihan kemandirian bagi narapidana. Salah satunya adalah pelatihan budidaya Jamur Tiram.

Menurut Kalapas Pemuda Kelas IIA Tangerang Kadek Anton Budiharta, pelatihan ini bertujuan agar narapidana memiliki bekal ketika bebas nanti.

"Saya beserta jajaran berkomitmen untuk terus memberikan program pelatihan kepada saudara-saudara kita narapidana,agar mereka dapat memiliki bekal ketika bebas nanti," ujar jar Anton.

Lanjutnya alasan pemilihan budidaya Jamur Tiram selain memiliki harga yang stabil di pasaran serta tidak memerlukan lahan yang luas dalam proses pembudidayaannya.

"Terbatasnya lahan di Lapas Pemuda Tangerang menjadi alasan kami memilih budidaya Jamur Tiram, dan saya rasa nilai jualnya cukup menjanjikan," tambahnya

Salah satu narapidana bernama anton yang mengikuti pelatihan budidaya Jamur Tiram mengungkapkan bahwa kegiatan ini bisa menjadi modal ketika bebas nanti.

"Saya terimakasih sekali bisa mendapatkan pelatihan ini,sebelumnya saya ga ngerti apa itu Jamur Tiram. Rencana saya nanti di luar pengen usaha ini ( Budidaya Jamur Tiram) pak," ujar anton narapidana yang terjerat kasus pencurian.

Rencanaya hasil dari budidaya tersebut akan dipasarkan terlebih dahulu kepada pegawai dan masyararakat yang berkunjung ke Lapas pemuda Tangerang. (Red).

Editor: R. Dede

Terkini

Kodim 0602 Serang Gelar RAT ke-61

Rabu, 8 Februari 2023 | 21:31 WIB

Tambak Udang di Lebak Diduga Buang Limbah ke Pantai

Minggu, 5 Februari 2023 | 11:33 WIB
X