Kolaborasi Bersama Dinkes dan Puskesmas, Lapas Serang Gelar Pemeriksaan Kesehatan dan Mobile VCT Terhadap WBP

- Kamis, 1 Desember 2022 | 16:40 WIB

SERANG - Sinergitas dan Kolaborasi antara Lapas Kelas IIA Serang, Dinas Kesehatan Kota Serang dan Puskesmas Banten Girang terus di tingkatkan terutama menyangkut Layanan Kesehatan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan.

Bertempat di Aula serba guna Lapas Kelas IIA Serang, Lapas Serang dan Tim Medis dari Dinas Kesehatan Kota Serang dan Puskesmas Banten Girang memberikan Layanan Kesehatan gratis bagi petugas Lapas Serang berupa pemeriksaan Gula Darah, Asam Urat dan Kolestrol. Kamis (01/12)

Ditempat yang sama dilakukan juga kegiatan Mobile Voluntary Counseling and Testing (VCT) bagi Warga Binaan Lapas Serang. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Serang tersebut meliputi penyuluhan tentang HIV/AIDS. Selanjutnya diikuti dengan skrining faktor risiko, tes HIV/IMS dan edukasi/konseling perorangan. Kegiatan tersebut bertujuan sebagai pencegahan pengendalian resiko deteksi dini kasus HIV/AIDS di lingkungan Lapas Kelas IIA Serang.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat pada Dinkes Kota Serang, Tata., SKM., M.Kes menyampaikan “kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari AIDS sedunia, semoga dengan terlaksananya kegiatan ini, dapat menekan faktor-faktor resiko yang menjadi penyebab kasus HIV/AIDS di Kota Serang

Kepala Lapas Kelas IIA Serang, Fajar Nur Cahyono juga mengungkapkan Kegiatan Mobile Voluntary Counseling and Testing (VCT) ini sudah masuk dalam program rutin yang dilakukan, karena WBP Lapas menjadi salah satu populasi yang menjadi prioritas untuk dilakukan skrining guna pencegahan dini HIV/AIDS.

Kalapas juga mengungkapkan apabila dari hasil skrining ada WBP yang positif untuk segera ditindak lanjuti dengan pengobatan lanjutan guna mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih memadai. (Red).

Editor: R. Dede

Terkini

Kodim 0602 Serang Gelar RAT ke-61

Rabu, 8 Februari 2023 | 21:31 WIB

Tambak Udang di Lebak Diduga Buang Limbah ke Pantai

Minggu, 5 Februari 2023 | 11:33 WIB
X