• Kamis, 1 Desember 2022

PBB-Indonesia Kerja Sama Strategis dan Perkuat Sinergi untuk Pembangunan

- Rabu, 13 Maret 2019 | 11:57 WIB
UNCF WAMEN
UNCF WAMEN

FAJARBANTEN.COM - Komunikasi dan koordinasi yang kuat antara PBB dan Pemerintah Indonesia akan menghasilkan sinergi untuk wujudkan kerja sama yang efektif dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan berdasarkan prioritas pembangunan nasional," ujar Wakil Menteri Luar Negeri RI, A.M. Fachir, pada acara pembukaan Pertemuan ke-4 Indonesia – United Nations Consultative Forum (IUNCF) di Hotel Borobudur, Jakarta.(12/3)

Wamenlu RI sampaikan 3 (tiga) pesan kunci untuk penguatan sinergi dan kerja sama strategis Indonesia – PBB melalui kerangka IUNCF, di antaranya (i) pentingnya penguatan koordinasi dan komunikasi antara Badan-Badan Khusus PBB dengan Pemerintah RI melalui kerangka IUNCF; (ii) perlunya keberlanjutan dan rasa kepemilikan atas program kerja sama PBB di Indonesia; serta (iii) dorongan untuk disepakatinya Host Country Agreement (HCA) antara Badan-Badan Khusus PBB dan Pemerintah RI sebagai dasar hukum kerjasama kedua belah pihak.

Pertemuan ke-4 IUNCF dipimpin oleh Direktur Jenderal Kerja Sama Multilateral Kemlu RI, Febrian A. Ruddyard dan UN Resident Coordinator Indonesia, Anita Nirody. Pertemuan dihadiri perwakilan dari 28 kementerian dan lembaga serta 23 Badan-Badan Khusus PBB di Indonesia.

Pertemuan membahas sejumlah agenda dalam upaya menyelaraskan kepentingan dan tujuan dari kerjasama Pemerintah RI dengan Badan-Badan PBB di Indonesia. Untuk merespon disahkannya Resolusi 279 oleh Majelis Umum PBB ke-72 tahun 2018 yang memandatkan reposisi sistem kerja sama pembangunan PBB, IUNCF Ke-4 juga membahas langkah strategis dalam mendukung penguatan Country Team PBB di Indonesia. Selain itu, IUNCF Ke-4 juga membahas isu tematis terkait Kerja Sama Selatan-Selatan (KSS) yang diisi dengan presentasi dan diskusi interaktif bertema "South-South and Triangular Cooperation Contribution to Global Development: Indonesia Experience".

Dalam pernyataannya, UN Resident Coordinator Indonesia sampaikan apresiasi kepada Indonesia atas kepemimpinan yang kuat dalam mendukung keberhasilan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. PBB juga tekankan komitmen untuk terus mendukung program KSS Indonesia, serta menggaungkan prestasi Indonesia di dunia internasional.

IUNCF Ke-4 menyepakati dokumen keluaran yang diajukan oleh Working Group 1 on Information Sharing and Cooperation Development, yakni: (i) Updated List of National Focal Points; dan (ii) Proposal for Joint Review. Selain itu, disepakati pula hasil-hasil pembahasan Working Group 2 on Administration yaitu: (i) Updated List of Host Country Agreements; (ii) Updated List of Regulations on Taxation, Customs, Immigration and Consular; dan (iii) Booklet on Administrative Procedures and FAQs.

IUNCF merupakan mekanisme kemitraan strategis yang digagas Pemerintah Indonesia dan Badan PBB di Indonesia pada tahun 2013 dengan tujuan memperkuat kerjasama dan koordinasi kemitraan antara Indonesia dengan PBB. IUNCF menyatukan perwakilan dari semua pemangku kepentingan utama dalam Pemerintah RI dan Country Team PBB di Indonesia guna membahas penguatan kerja sama Indonesia – PBB yang efektif, transparan, berorientasi tujuan.

Penyelenggaraan IUNCF juga bertujuan untuk menyelaraskan program kerja sama PBB dengan rencana pembangunan jangka menengah dan jangka panjang Indonesia. Forum konsultasi Indonesia – PBB ini dilaksanakan secara berkala untuk merevitalisasi strategi kerja sama yang dinamis dalam mendukung upaya pencapaian sasaran pembangunan nasional Indonesia.

Kerjasama erat antara Pemerintah dan Badan-Badan PBB di Indonesia senantiasa diperlukan dalam mendukung tujuan-tujuan pembangunan nasional. Kerjasama tersebut diharapkan semakin kuat selaras dengan telah disahkannya Resolusi Majelis Umum PBB 72/279 mengenai Sistem Pembangunan PBB (United Nations Development System/UNDS) dimana salah satunya memandatkan mengenai penguatan Badan-Badan PBB (UN Country Team) yang berada di Indonesia.(Sumber : Kementerian Luar Negeri)​

Editor: Administrator

Terkini

Nawal El Saadawi Tutup Usia

Senin, 22 Maret 2021 | 21:00 WIB

Hari Air Sedunia 2021, Tema dan Sejarah Lahirnya

Senin, 22 Maret 2021 | 15:58 WIB

Oposisi Tantang Erdogan

Rabu, 28 Oktober 2020 | 15:26 WIB

Bahas Kemitraan, ISABC Kunjungi Konjen RI Jeddah

Minggu, 23 Februari 2020 | 14:38 WIB

DK PBB Kecam Serangan Teroris di Selandia Baru

Sabtu, 16 Maret 2019 | 09:53 WIB
X