• Sabtu, 28 Mei 2022

RTRW Lebak, Lima Kecamatan Masuk Zona Industri

- Senin, 10 September 2018 | 15:48 WIB


FAJARBANTEN.COM- Berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 02 Tahun 2014 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Lima kecamatan di Kabupaten Lebak masuk Zona industri. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak terus mendorong investor untuk menanamkan modalnya di zona industri, sehingga dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

"Zona industri itu mampu menyerap ribuan tenaga kerja dan juga mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat di zona industri tersebut," kata Kepala Bidang (Kabid) Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUPR) Kabupaten Lebak Teguh Eko Saputro di kantornya, Senin (10/09/2018).
     
Dijelaskan Eko, zona industri itu seluas 1.300 hektare tersebar di lima kecamatan diantaranya, Kecamatan Maja, Rangkasbitung, Curugbitung, Cilograng dan Kecamatan Bayah 
     
Bahkan, lanjutnya, sejumlah perusahaan nasional dan asing sudah memproduksi dan menyerap lapangan pekerjaan masyarakat. Misalnya, sambung Eko, zona industri Rangkasbitung terdapat perusahaan PT Aplus Gypsun, PT Saedong dan Dongkuk Sukses Mandiri yang memproduksi sepatu dan material bangunan. Begitu juga dengan PT Cemendo Gemilang di Kecamatan Bayah yang memproduksi Semen Merah Putih.
     
Masih katanya, kehadiran zona industri itu dapat meminimalisasi warga Kabupaten Lebak mencari lapangan pekerjaan ke luar daerah seperti, ke Jakarta, Tangerang, Serang, Cilegon, Bogor dan Bekasi. "Kami mengajak para investor yang menanamkan modalnya di zona industri tersebut," tuturnya.
     
Lebih lanjut Eko mengungkapkan, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengantisipasi tingkat kemiskinan, Pemkab Lebak berkomitmen untuk membuat lapangan pekerjaan di daerah sendiri. Untuk itu, pihaknya memberikan kemudahan perizinan dan jaminan keamanan bagi pelaku investor yang ingin mengembangkan usaha di wilayah zona industri tersebut.

"Kami berharap zona industri itu secara langsung mampu mensejahterakan masyarakat setempat," pungkasnya.(Ajat).

Editor: Administrator

Terkini

Pimpinan Pusat Wanita Islam Tolak RUU TPKS

Kamis, 7 April 2022 | 11:16 WIB

CR Nurdin Raih Penghargaan PCNO dari PWI Pusat

Rabu, 9 Februari 2022 | 16:35 WIB
X