• Sabtu, 25 September 2021

Setelah Amputasi, M. Fadli Malah Harus Jalani Latihan Dua Kali Lebih Berat

- Jumat, 17 Februari 2017 | 14:24 WIB
Setelah Amputasi, M. Fadli Malah Harus Jalani Latihan Dua Kali Lebih Berat
Setelah Amputasi, M. Fadli Malah Harus Jalani Latihan Dua Kali Lebih Berat

Muhammad Fadli Immamudin alias M. Fadli harus menjalani porsi latihan lebih banyak ketimbang sebelumnya. Dia bakal mewakili Indonesia pada Kejuaraan Asia Para-Cycling 2017 bulan ini.

Beberapa pekan terakhir ini Fadli harus menjalani latihan berat. Bukan sebagai racer di balap motor lagi, tapi pebalap sepeda. Itu setelah PB ISSI mendaftarkan namanya pada Kejuaraan Asia di Bahrain mulai 24 Februari hingga 3 Maret 2017.

Ya, Fadli telah menyatakan pensiun dari balap motor usai amputasi. Kini, dia menekuni balap sepeda untuk difabel.

Dalam persiapannya, Fadli didampingi pelatih Puspita Mustika Adya yang juga mantan sprinter andal Indonesia. Untuk tampil di atas lintasan, Fadli akan menggunakan sepeda dari Technobike dengan merk Look buatan Prancis.

Menurut Fadli persiapan intensif dilakukan sejak tiga pekan terakhir. Juara FIM UAM Asian Road Race 2004 Kelas 110 cc Seeded 2004 dan juara nasional IRS 2013 Supersport 600cc itu malah harus menjalani latihan balap sepeda yang lebih berat setelah diamputasi.

"Sejak didampingi pelatih porsi latihan saya menjadi lebih terarah. Namun, juga lebih berat. Kalau dibilang, porsi latihan sekarang dua kali lipat ketimbang sebelum amputasi," kata Fadli

Aktivitas latihan itu dijalani Fadli setiap pagi, mulai pukul 06.00 hingga 08.00. Saat ini kecepatan rata-ratanya dalam latihan endurance 30 kilometer per jam.

Menurut Puspita, Fadli butuh peningkatan tenaga untuk mendorong kecepatannya. Dalam latihan-latihan sebelumnya, Fadli berkonsentrasi pada adaptasi dari sepeda road race ke Time Trial.

"Fadli masih butuh peningkatan power speed-nya. Kemarin banyak adaptasi sepeda dari sepeda road ke ITT karena geometri setiap sepeda kan berbeda," tutur Puspita.

"Yang jadi kendala dalam latihan adalah belakangan ini sering hujan. Untungnya ada roll yang dibeli oleh Fadli. Tes kecepatan akan dilakukan pekan depan," tutur dia. @FAJRIN

Editor: Administrator

Terkini

Lapas Narkotika Jakarta Deklarasikan Zero Handphone

Kamis, 23 September 2021 | 11:57 WIB

Lapas Cikarang Implementasikan Tiga Kunci Pemasyarakatan

Selasa, 21 September 2021 | 22:46 WIB
X