• Senin, 23 Mei 2022

Pengadaan Komputer UNBK Diduga Dikorupsi 6 Miliar

- Selasa, 25 Januari 2022 | 17:02 WIB
Adhiyaksa kepada wartawan di Kantor Kejati Banten, Kota Serang, pada Selasa, 25 Januari 2022. (Humas Kajati Banten)
Adhiyaksa kepada wartawan di Kantor Kejati Banten, Kota Serang, pada Selasa, 25 Januari 2022. (Humas Kajati Banten)

fajarbanten.com- Kejati Banten mengungkap ada dugaan tindak pidana korupsi dalam proyek pengadaan komputer untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten tahun 2018.

Asintel Kejati Banten, Adhiyaksa Darma Yuliano mengatakan, bahwa berdasarkan penyelidikan yang telah dilakukan Kejati Banten, terdapat temuan kerugian negara sebanyak Rp6 miliar dalam proyek pengadaan komputer tersebut.

"Bahwa pada tanggal 13 Januari 2022 Bidang Pidana Khusus Kejati Banten telah melakukan penyelidikan atas dugaan Tindak Pidana Korupsi Pengadaan Komputer Dalam Rangka Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sebanyak 1800 unit bagi SMAN dan SMKN se provinsi Banten," kata Adhiyaksa kepada wartawan di Kantor Kejati Banten, Kota Serang, pada Selasa, 25 Januari 2022.

Dana tersebut kata Adhiyaksa, bersumber dari APBD Provinsi Banten tahun anggaran 2018 sebesar Rp 25 miliar.

Atas temuan tersebut, pihaknya meningkatkan kasus pengadaan komputer tersebut dari penyelidikan ke penyidikan.

Diketahui, proyek tersebut dikerjakan oleh PT AXI, yang diduga dalam pelaksanaannya terjadi penyimpangan.

Adapun modus penyimpangannya kata Adhiyaksa, yakni menyediakan barang yang tidak sesuai dengan spesifikasi sebagaimana tertuang dalam kontrak.

"Setelah dilakukan penyelidikan, berkesimpulan telah ditemukan perbuatan melawan hukum terhadap pengadaan komputer dalam rangka UNBK yang mengakibatkan kerugian negara," katanya.

"Sehingga pada hari ini, terhadap penanganan perkara ini kami tingkatkan dari tingkat proses penyelidikan ke tingkat penyidikan, dengan dugaan melanggar Pasal 2 Ayat (1) Jo Pasal 3 Jo pasal 18 Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi," tambah Adhiyaksa.(**)

Editor: Rahman Malik

Tags

Terkini

Ketua PBSI Banten Apresiasi Prestasi Putri KW

Sabtu, 21 Mei 2022 | 18:28 WIB
X