• Kamis, 1 Desember 2022

Dirlantas Polda Banten Sampaikan Pola Penanganan Kemacetan Saat Menuju Pelabuhan Merak

- Rabu, 20 April 2022 | 11:11 WIB
Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Budi Mulyanto (Yogi)
Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Budi Mulyanto (Yogi)
fajarbanten.com - Ditlantas Polda Banten telah mempersiapkan pola penanganan mengatasi kemacetan menuju Pelabuhan Merak saat Mudik Lebaran 2022.
 
Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Budi Mulyanto mengatakan penanganan kemacetan saat menuju Pelabuhan Merak ini sangat penting, mengingat antrian tersebut akan berdampak luas. 
 
“Ditlantas Polda Banten akan melakukan pola penanganan  kemacetan dalam tiga situasi yaitu hijau, kuning, dan merah," katanya, Selasa 19 April 2022.
 
Budi Mulyanto menjelaskan mengenai maksud situasi tersebut. "Untuk situasi hijau kendaraan masuk Pelabuhan Merak normal, untuk situasi kuning terjadi antrian kendaraan sampai dengan keluar Pelabuhan Merak, dan untuk situasi Merah Pelabuhan Merak padat, adanya antrian sampai dengan pintu tol Merak," ujarnya.
 
Dalam mengatasi kepadatan tersebut Dirlantas Polda Banten mengatakan akan melakukan pengamanan yang maksimal. "Jika terjadi kemacetan seperti halnya pada situasi merah akan ada penambahan jumlah personel yang mengatur, akan ada penyekatan kendaraan mobil di Fly Over Cikuasa Atas, pos sekat akan melakukan buka tutup kendaraan, dan akan melakukan rekayasa lalu lintas kendaraan jalur tol arah merak di arahkan ke jalur Arteri melalui Cilegon Timur," katanya.
 
Selanjutnya Budi Mulyanto menambahkan. "Untuk situasi kuning jika terjadi antrian kendaraan sampai dengan Pelabuhan Merak akan ada penambahan personel yang mengatur lalu lintas, dan akan ada penyekatan kendaraan mobil di Fly Over Cikuasa Atas, sedangkan jika situasi hijau kendaraan masuk Pelabuhan Merak normal personel siaga di Pos dan melaksanakan Pengaturan Penjagaan Pengawalan dan Patroli (Turjawali)," ujarnya.
 
Sementara itu Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Shinto Silitonga menghimbau kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik untuk tetap waspada dan berhati-hati. "Cek kondisi kesehatan dan kendaraan, pastikan dalam kondisi yang prima untuk melakukan perjalanan jarak jauh serta antisipasi titik rawan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas," ungkapnya.
 
Terakhir Shinto mengatakan apabila pengemudi mendapatkan hambatan saat mudik dapat menghubungi Call Center 110 atau update informasi arus mudik terkini di media sosial Humas Polda Banten. Instagram : humaspoldabanten, Facebook : Polda Banten, Twitter : @_poldabanten, Tiktok : poldabanten, Youtube : Polda Banten. (*/yogi).

Editor: Rahman Malik

Tags

Terkini

X