Digelar Secara 'Hybrid', KKB 2022 Diisi Beragam Karya Bangkitkan Ekonomi Banten

- Sabtu, 21 Mei 2022 | 18:45 WIB
KKB 2022 dibuka sexara resmi dan dihadiri oleh semua kepala daerah di Banten, di Sumarecon Mall Serpong,Tangerang, Jumat 20 Mei  2022. (Yogi)
KKB 2022 dibuka sexara resmi dan dihadiri oleh semua kepala daerah di Banten, di Sumarecon Mall Serpong,Tangerang, Jumat 20 Mei 2022. (Yogi)

Fajarbanten.com - Sebagai salah satu wujud upaya nyata dan langkah konkrit dalam rangka mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui kampanye gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia, Bangga Wisata Indonesia, dan Bela Pengadaan, Pemerintah Daerah Provinsi Banten bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten menyelenggarakan rangkaian acara Expo Karya Kreatif Banten (Expo KKB) Tahun 2022 yang dibuka pada Jumat, 20 Mei 2022.

Expo Karya Kreatif Banten Tahun 2022 yang merupakan salah satu agenda rutin promosi UMKM Banten sejak tahun 2019, juga menjadi ajang pameran dan kurasi produk UMKM potensial dan unggulan, ajang capacity building bagi UMKM, serta ajang business matching yaitu pertemuan bisnis yang menghubungkan antara UMKM dengan potensial buyer dalam dan luar negeri atau partner/agregator dalam rangka memperluas networking serta meningktakan akses pembiayaan baik dengan perbankan maupun dengan lembaga keuangan non bank.

Pembukaan acara Expo Karya Kreatif Banten tahun 2022 yang diselenggarakan di Summarecon Mall Serpong Tangerang secara hybrid, mengambil tema ”Sinergi Dalam Upaya Pemberdayaan UMKM Yang Berdaya Saing Melalui Digitalisasi dan Globalisasi Dalam Rangka Mengakselerasi Pertumbuhan Ekonomi Yang Berkelanjutan”. Pada hari pertama Expo Karya Kreatif Banten 2022 ini dimulai dengan Bincang Jawara. Acara yang dikemas dalam bantuk talkshow Bincang Jawara dengan mengusung tema "Kebangkitan Wirausaha Muda Perempuan untuk Indonesia Maju”, dan menghadirkan Asri Welas sebagai founder dari House of Asri Welas dan Ieko Damayanti sebagai founder dari Ratu Eceng. Talkshow ini bertujuan untuk berbagi inspirasi bagaimana membangun usaha dari nol agar memotivasi para wanita untuk berani memulai bisnis. Acara Bincang Jawara ini selaras dengan salah satu fokus utama Presidensi G20 Indonesia, yaitu inklusi keuangan untuk wanita dan UMKM dalam rangka menuju pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Expo Karya Kreatif Banten 2022 kemudian dibuka oleh Pj. Gubernur Provinsi Banten, Dr. Al Muktabar, M.Sc, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Juda Agung, dan Anggota Komisi III DPR RI, Marinus Gea, serta Ketua Kadin Provinsi Banten, Azzara Jayabaya. Turut hadir juga pada acara tersebut kepala daerah Kabupaten/Kota di antaranya Walikota Tangerang H. Arief Rachadiono Wismansyah, Bupati Pandeglang Irna Narulita, SE, M.M, dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar. Kemudian hadir Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi, SE, MSi, Asda 1 Kota Serang Drs. Subadyo, MSi, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab Serang H. Adang Rahmat S Sos, M.Si, dan jajaran pimpinan daerah lainnya.

Al Muktabar dalam sambutannya menyampaikan dan menghimbau bahwa penyelenggaraan Expo Karya Kreatif Banten 2022 perlu menjadi momentum yang tepat untuk memperkuat komitmen keberpihakan pemerintah daerah seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Banten terhadap pengembangan UMKM dengan cara menggalakkan gerakan bela pengadaan yang setidaknya 40% dari APBD, agar penggunaan belanjanya menggunakan produk UMKM dalam negeri sehingga juga selaras dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang dicanangkan pemerintah pusat. Penjabat Gubernur Banten tersebut mengapresiasi upaya-upaya yang telah dilakukan dalam rangka melanggengkan kolaborasi hormanis yang terjalin antara Pemerintah daerah Provinsi Banten dan Kabupaten/kota dengan Bank Indonesia Provinsi Banten, sehingga Expo Karya Kreatif 2022 dapat terselenggara.

Di dalam sambutannya, Juda Agung menyampaikan bahwa Bank Indonesia grand design konkrit yang bertujuan untuk mewujudkan UMKM yang kuat dan mampu mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional, terdapat tiga pilar utama dalam strategi pengembangan UMKM yaitu (1) Korporatisasi , (ii) Kapasitas, dan (iii) Pembiayaan. Pilar Pertama, Korporatisasi. Pada pilar ini peningkatan kapasitas UMKM dilakukan melalui pembentukan kelompok atau badan usaha, termasuk melalui integrasi suatu rangkaian bisnis. Pilar kedua, peningkatan kapasitas UMKM khususnya asimilasi teknologi digital (digitalisasi). Serta pilar ketiga, Bank Indonesia memandang bahwa UMKM perlu mendapatkan sumber pembiayaan yang tepat sesuai skala usahanya. Juda Agung juga berharap agar jalinan sinergi dan kolaborasi yang telah terbangun dengan baik antara seluruh stakeholders di Provinsi Banten dapat terus diperkuat ke depan, sehingga dapat memberikan dampak yang lebih luas.

Rangkaian acara Expo KKB 2022 kemudian dibuka dengan seremonial pemukulan Rampak Bedug dan Angklung Buhun yang mana merupakan kesenian khas dari Provinsi Banten yang dilakukan oleh Pj. Gubernur Banten, ADG Bank Indonesia, Anggota Komisi XI DPR RI, dan Ketua Komisi III DPRD Banten, serta kepala daerah dari 8 kabupaten/kota. Seremonial dilakukan sebagai penanda kick off Expo Karya Kreatif Banten 2022, launching gerakan Bela Pengadaan dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, serta launching website UMKM Banten rumahumkmbanten.com yang ke depannya akan menjadi cikal bakal terwujudnya database UMKM terintegrasi di Provinsi Banten.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pagelaran Heritage & Modest Fashion Show yang mengusung tema "Eksotisme Wastra Banten". Pada perhelatan tersebut, masing-masing segenap Pimpinan Daerah Perempuan serta Istri Para Pimpinan Daerah dari 8 kabupaten/kota di Banten menampilkan Wastra Adiluhung dari masing-masing Kabupaten/Kota bertemakan Batik Banten dan Tenun Baduy yang didesain oleh Asri Welas melalui House of Asri Welas. Selain itu, tampil pula Ikatan Wanita Perbankan (IWABA) Provinsi Banten memperagakan busana terbaik dari kain khas Banten, serta didukung oleh Banten Fashion Community.

Pada malam hari, acara dilanjutkan dengan Final Banker’s Idol yang merupakan puncak acara lomba bernyanyi perbankan yang diikuti oleh lebih dari 30 pegawai perbankan di wilayah kerja Provinsi Banten. Keluar sebagai pemenang, BRI KC Serang sebagai Juara 1, Bank Mandiri Taspen KC Serang sebagai Juara 2, dan Bank BJB KC Tangerang sebagai Juara 3 dan juara favorit. Adapun puncak acara Expo Karya KreatifBanten 2022 akan ditutup pada Minggu 22 Mei 2022 besok.(*/yogi)

Editor: Rahman Malik

Tags

Terkini

X