Bimbang Beralih ke TV Digital, Mari Simak Manfaatnya

- Jumat, 27 Mei 2022 | 13:27 WIB
Beralih ke TV Digital (Pik)
Beralih ke TV Digital (Pik)

Fajarbanten.com - Peralihan atau migrasi siaran TV analog ke digital sebagai salah satu langkah perwujudan transformasi digital Indonesia. Yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebagai salah satu langkah perwujudan transformasi digital Indonesia serta telah resmi menghentikan siaran TV analog menuju TV digital pada 30 April 2022.

Dengan melakukan secara bertahap siaran televisi nasional yang menggunakan teknologi TV analog akan dihentikan dan beralih ke siaran TV digital. Tentuanya migrasi siaran televisi analog ke TV digital dapat memberikan penghematan dalam penggunaan pita frekuensi 700 MHz.

Manfaat migrasi ke TV digital diterima tidak hanya satu dua pihak, melainkan hampir semua pihak mendapatkan berkah dari migrasi ini dan setidaknya ada lima manfaat.

Pertama, publik memperoleh layanan televisi berkualitas secara gratis.

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapat sinyal televisi terestrial (blank spot) atau penerimaan sinyalnya buruk dan mempengaruhi kualitas gambar dan suara siaran yang diterima. Digitalisasi menghasilkan gambar yang bersih dan suara yang jernih.

Kedua, keberagaman konten siaran untuk seluruh lapisan masyarakat.

Digitalisasi membuka peluang tambahan channel atau program siaran baru yang dibutuhkan masyarakat setempat.

Ketiga, efisiensi biaya infrastruktur dan operasional Lembaga Penyiaran.

Dengan konsep infrastruktur bersama, Lembaga Penyiaran dapat menghemat biaya investasi pada pemancar dan operasional teknis sampai dengan 40 persen.

Ditegaskan kembali, siaran TV digital bukan streaming internet serta bukan pula televisi berlangganan yang menggunakan satelit atau kabel.

Halaman:

Editor: Rahman Malik

Tags

Terkini

X