• Kamis, 11 Agustus 2022

5 Bulan Digembleng, 168 Siswa SPN Polda Banten Resmi Dilantik

- Kamis, 7 Juli 2022 | 18:23 WIB
Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto memasangkan tabda pangkat efektif kepada bintara Polda Banten. (Yogi)
Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto memasangkan tabda pangkat efektif kepada bintara Polda Banten. (Yogi)

Fajarbanten.com - Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto memimpin upacara pelantikan Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktuba) Polri gelombang 1 tahun 2022 di SPN Mandalawangi Polda Banten, Pandeglang, Kamis 07 Juli 2022.

Dalam kegiatan ini Kapolda Banten didampingi Wakapolda Banten Brigjen Pol Ery Nursatari serta Pejabat Utama Polda Banten dan dihadiri oleh PJ Gubernur Banten Dr. H. Wahidin Halim, Kapolres Pandeglang AKBP Belny Warlansyah, Kasipers Korem Kolonel CAJ Suparno dan undangan lainnya.

Dalam pelantikan kali ini ada sebanyak 168 siswa yang dilantik menjadi Bintara Polri. Adapun proses pelantikan diawali dengan pemeriksaan pasukan, pengambilan sumpah, penanggalan tanda siswa dan pemasangan tanda pangkat efektif.

Kemudian penyerahan ijazah, pemberian penghargaan kepada dua siswa terbaik, pernyataan penutupan pendidikan oleh Kapolda Banten selaku Inspektur Upacara dan terakhir ditutup dengan peragaan ketrampilan oleh Bintara yang baru dilantik.

Disaksikan Pj Gubernur Banten Al Muktabar dan Wakapolda Brigjen Pol Ery Nursatari, Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto menandatangani penghargaan kepada siswa terbaik SPN Banten 2022. (Yogi)
Dalam sambutannya Rudy menyampaikan amanat Kalemdiklat, “Hari ini para siswa akan dilantik menjadi anggota Polri untuk itu pada diri anda telah melekat tugas, kewajiban dan tanggung jawab sebagai Bhayangkara Negara yang bertugas untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat," ujar Rudy.

Setelah itu ada beberapa penekanan yang harus dipedomani dan dilaksanakan oleh para Bintara Remaja. "Beberapa penekanan saya yang harus dipedomani dan oleh para Bintara Remaja sekalian sebagai bekal memasuki tugas dilapangan yaitu, tingkatkan selalu keimanan dan ketaqwaan, pegang teguh dan amalkan nilai-nilai Tribrata dan Catur dilaksanakan, pahami dengan baik dan laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh, jadilah sosok panutan dan teladan bagi masyarakat, terakhir bangun komunikasi positif dan santun dengan masyarakat," ucap Rudy.

Ka SPN Polda Banten Kombes Pol Noffan Widyayoko mengatakan para siswa selama 5 bulan menjalani pendidikan belajar beladiri Polri. "Para siswa selama 5 bulan menjalani pendidikan mempelajari beladiri Polri. Beladiri Polri adalah gabungan dari berbagai jenis beladiri yang ada di Indonesia kemudian digabung menjadi beladiri Polri," kata Noffan.

Terakhir Rudy mengucapkan selamat kepada orang tua atas keberhasilan putranya menjadi Bintara Remaja Polri yang baru. "Keberhasilan saudara merupakan perjuangan yang panjang, doa orang tua dan ridho Tuhan Yang Maha Kuasa, oleh karena itu jangan sia-siakan semua usaha, perjuangan dan cita-cita yang ingin saudara raih," tutup Rudy. (*/yogi)

Editor: Rahman Malik

Tags

Terkini

X