• Senin, 26 September 2022

Sharp Corporation Peringati Hari Jadinya yang Ke- 110

- Minggu, 18 September 2022 | 15:53 WIB
Tomy Hendrajati, President Human Initiative (kiri) dan Shinji Teraoka, President Director PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Karawang saat Penanaman 11,000 bibit pohon di sepanjang aliran sungai Citarum. (Yogi)
Tomy Hendrajati, President Human Initiative (kiri) dan Shinji Teraoka, President Director PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Karawang saat Penanaman 11,000 bibit pohon di sepanjang aliran sungai Citarum. (Yogi)

Fajarbanten.com - Pada tanggal 15 September 2022, Sharp Corporation memperingati hari jadinya yang ke 110 tahun. Tepat di tanggal ini 110 tahun silam pada tahun 1912, Tokuji Hayakawa, pendiri Sharp, mendirikan toko pengerjaan logam di Tokyo. Kemudian berinovasi melahirkan Pensil Sharp sebuah pensil mekanik tipe twist yang selanjutnya menjadi asal mula nama merek korporasi hingga sekarang.

Sharp merupakan produsen elektronik kelas dunia yang melahirkan produk inovatif dengan teknologi terkini memiliki peran penting pada industri elektronik masa depan. Sharp menetapkan visi bisnis-nya Mengubah dunia dengan teknologi 8K+5G dan AIOT’. Teknologi 8K adalah ultra high definition generasi lanjutan dengan resolusi empat kali lipat (7,680 x 4,320 piksel: 33.18 resolusi dengan jutaan piksel) dari 4K (3.840 x 2.160 piksel: resolusi sekitar 8,29 juta piksel), dan 16 kali lipat dari resolusi saat ini, siaran dengan hasil 2K vision (1.920 x 1080 piksel: sekitar 2,07 juta piksel).

Teknologi 8K menghasilkan gambar yang sangat tajam seperti aslinya dan menghasilkan penemuan baru yang mengagumkan. Sedangkan teknologi 5G adalah generasi lanjutan dari transmisi data selular, dengan kemajuan signifikan pada kecepatan dan kapasitas transmisi data ini menghasilkan latensi sangat rendah dan konektivitas multi-terminal. Teknologi 5G memperluas komunikasi untuk memfasilitasi konektivitas menyeluruh antara pengguna dan semua jenis perangkat.

AIoT adalah kombinasi unik dari teknologi AI (Artificial Intellegence) dan IoT (Internet of Things), teknologi berbasis indra peraba (taktil) dan intuitif yang diciptakan melalui aplikasi dengan konektivitas cloud dan AI ke dalam rangkaian peralatan elektronik sehari-hari yang kita gunakan, menyempurnakan perangkat elektronik untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, individu dan masyarakat secara keseluruhan.

Untuk mewujudkan visi tersebut, Sharp mengutamakan 3 prinsip dalam bisnis-nya yaitu Smart Life, 8K Ecosystem dan ICT, secara bersamaan dengan dua bisnis perangkat, yaitu perangkat display dan perangkat elektronik yang mendukung-nya terintegrasi dalam meraih bisnis One Sharp’. Sharp menghadirkan produk produk unggulan untuk keperluan rumah tangga seperti AQUOS untuk merek TV dan smartphone, lalu teknologi plasmacluster yang dibenamkan pada produk pembersih udara, AC, lemari es, mesin cuci dan penyedot debu, kemudian merek Healshio untuk produk oven dan panci masak anhydrous untuk penggunaan dapur.

Produk - produk Sharp juga banyak digunakan di perkantoran seperti printer multi-fungsi, monitor, sistem tampilan interaktif, PC, notebook dan lain lain. Sistem yang mengintegrasikan layanan dengan perangkat keras dan lunak juga diperkenalkan oleh perusahaan, yang dikenal sebagai layanan COCORO+, bersama dengan sistem 8K+5G lainnya digunakan untuk sistem perkantoran, dan lainnya.

Berdasarkan kredo bisnisnya Kejujuran dan Daya Cipta, pendiri Sharp, Tokuji Hayakawa bercita cita untuk menciptakan produk yang ingin di tiru oleh perusahaan lain. Sharp terus memperkenalkan inovasi produk dan solusi unik menjadi yang pertama di dunia dan yang pertama di Jepang untuk berkontribusi pada pengembangan masyarakat. Hasilnya, Sharp telah mencapai banyak tonggak sejarah selama 110 tahun dengan produk dan solusinya.

Beberapa contohnya adalah: Memperkenalkan TV LCD merek AQUOS dari tahun 2001 dan mendistribusikan hingga 500 juta unit pada akhir September 2020, mengembangkan pembangkit listrik fotovoltaik sejak 1959 hingga kini selama lebih dari 60 tahun, memperkenalkan teknologi unggulan pemurnian udara Plasmacluster pada Oktober 2000 dan mencapai 100 juta unit dikirim ke seluruh dunia pada Oktober 2021, mengembangkan kalkulator all-transistor pertama di dunia pada tahun 1964 dan merayakan 50 tahun dalam bisnis kalkulator pada tahun 2014, mengembangkan ponsel sejak 1994 dan menghadirkan banyak produk unggulan di industry telepon genggam seperti ponsel pertama yang dilengkapi kamera pada tahun 2000, mengembangkan oven microwave konveksi sejak tahun 1961 dan memperkenalkan model produksi massal pertama Jepang pada tahun 1962, merayakan ulang tahun ke-60 pada tahun 2022, memperkenalkan multi-copier pertama pada tahun 1972 dan merayakan ulang tahun ke-50 pada tahun 2022, dan yang terbaru, memulai produksi masker wajah mulai Februari 2020 dan mencapai total 300 juta pengiriman pada November 2021.

Kegiatan tersebut selama bertahun tahun telah dikenal oleh berbagai lembaga di seluruh dunia termasuk IEEE*1, merupakan lembaga akademis terbesar di dunia untuk teknik listrik, elektronik, informasi dan telekomunikasi mengakui inovasi yang dilakukan oleh Sharp sebagai sebuah milestone *2, yaitu pelopor produsen kalkulator elektronik, komersialisasi dan industriaisasi sel surya dan layar film transistor tertipis dengan ukuran 14 inch (TFT LCD) untuk TV.

Pada tahun 1923, sang pendiri mengalami Gempa Besar Kanto dan dipindahkan ke Osaka. Tokuji Hayakawa mencari peluang baru, ia melirik tren dimulainya siaran radio di Jepang, dan berhasil merakit set radio kristal pertama di Jepang pada April 1925. Kemudian, pada tahun 1953, setelah dimulainya siaran TV, Sharp memulai produksi massal perangkat TV pertama di Jepang, menjadikannya pemimpin berkembang menjadi perusahaan elektronik yang komprehensif.

Halaman:

Editor: Rahman Malik

Tags

Terkini

Bank Banten Gelar Aksi Donor Darah

Kamis, 22 September 2022 | 21:21 WIB

Kodim 0602/Serang Gelar Binkom Cegah Konflik Sosial

Rabu, 21 September 2022 | 17:22 WIB
X