• Senin, 26 September 2022

SMA Mardi Yuana Serang Melaju Ke Tahap Seleksi Nasional Kompetisi AHM Best Student

- Senin, 8 Agustus 2022 | 18:30 WIB
Siswa/Siswi SMA Mardi Yuana Serang photo bersama usai kompetisi ini, melalui karya ilmiah dengan judul “Save Earth, Reuse Mask Waste Into Conblock”, (SMA Mardi Yuana Serang)
Siswa/Siswi SMA Mardi Yuana Serang photo bersama usai kompetisi ini, melalui karya ilmiah dengan judul “Save Earth, Reuse Mask Waste Into Conblock”, (SMA Mardi Yuana Serang)

“Save Earth, Reuse Mask Waste Into Conblock”

Oleh :Tan Triesia

(Pemred SMA Mardi Yuana Serang)

Tahun 2022 PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menghadirkan kompetisi tahunan AHM Best Student (AHMBS) dengan tajuk “Berkreasi Menebar Inspirasi” yang ditujukan bagi seluruh siswa setingkat SMA di seluruh Indonesia. Melalui kompetisi ini diekspektasikan adanya ekskalasi kepedulian siswa setingkat SMA multitalenta dalam berpikir kritis, kreatif dan terstruktur menjawab isu global yang tercermin dalam Sustainable Development Goals (SDG’s).

SMA Mardi Yuana Serang turut berpartisipasi melalui keikutsertaan dalam kompetisi ini, melalui karya ilmiah dengan judul “Save Earth, Reuse Mask Waste Into Conblock”,

Berangkat dari fenomena penggunaan masker di masa pandemi Covid-19 yang menimbulkan permasalahan baru dalam bidang kesehatan dan ecological (kelingkungan).

Hingga saat ini terdapat kesulitan dalam pengelolaan limbah masker dari rumah tangga. Sejauh ini, pengelolaan sampah masker medis baru sampai pada bagaimana membangun kesadaran masyarakat untuk membuang sampah melalui standar yang ditetapkan oleh Panduan Pengelolaan Sampah Masker Departemen Kesehatan, dimana seharusnya masing-masing individu memiliki kesadaran untuk melakukan desinfeksi terlebih dahulu terhadap sampah masker medis sekali pakai, kemudian merobeknya sebelum membuang ke sampah domestik. Realitanya, masih banyak masyarakat yang membuang begitu saja masker medis bekas pakai.

Sampah masker yang dibuang ke alam bebas inilah yang merupakan permasalahan baru dalam bidang kesehatan dan ecological (kelingkungan), yang berakibat buruk untuk lingkungan dan ekosistem di tanah maupun perairan. Masker medis sekali pakai terbuat dari polipropilena yang membutuhkan waktu lama untuk membusuk sehingga berbahaya bagi lingkungan. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa banyaknya hewan di darat maupun di laut yang terjerat oleh tali masker. Kandungan plastik dari sampah masker medis berpotensi mengemisikan banyak gas rumah kaca ke atmosfer Hingga berdampak kepada perubahan iklim.

Melaui ide kreatif berangkat dari kepedulian terhadap keseimbangan ekosistem, lingkungan demi keselamatan bumi yang dituangkan dalam karya ilmiah berjudul “Save Earth, Reuse Mask Waste Into Conblock” ini, tim AHM Best Student SMA Mardi Yuana Serang yang terdiri dari: Delvina Rebecca (Kelas 12 IPS - sebagai leader), Leonard Christian (Kelas 12 IPA - sebagai kreator dan editor), Louis Venansius (Kelas 12 IPS - sebagai kreator), dan Donald Ariyananda (Kelas 12 IPS - sebagai editor) dalam bimbingan Ibu Veronica sebagai guru pendamping,  berhasil meraih juara 2 dalam kompetisi AHMBS Tahun 2022, dan melaju ke seleksi tingkat nasional.

Halaman:

Editor: Rian Nopandra

Tags

Terkini

Peran Media Masa Dalam Panggung Politik

Jumat, 5 Agustus 2022 | 20:05 WIB

Kampus dalam Perlindungan Permendikbud 30 2021

Senin, 13 Desember 2021 | 13:45 WIB

Ekspresi Kegembiraan Sepak Bola Presiden Jokowi

Minggu, 3 Oktober 2021 | 13:19 WIB

Soal Pengaduan ke Dewan Pers

Kamis, 9 September 2021 | 15:54 WIB

Reign of Fear: Cara Orang Bodoh Memimpin Negara

Sabtu, 4 September 2021 | 15:26 WIB

Refleksi Kebangsaan di Hari Kemerdekaan

Selasa, 17 Agustus 2021 | 21:13 WIB

Lucu-lucuan dalam Getir PPKM

Senin, 19 Juli 2021 | 11:30 WIB

Informasi Jernih Dalam “Perang Posting”

Selasa, 6 Juli 2021 | 16:41 WIB

Menanti Keputusan dari (Bukan) Tuhan

Selasa, 1 Juni 2021 | 15:52 WIB
X