• Kamis, 27 Januari 2022

SMAN 16 Pandeglang Lakukan Gerakan Menanam Mangrove di Kawasan TNUK

- Senin, 15 November 2021 | 09:40 WIB
Puluhan siswa dari SMAN 16 Pandeglang melakukan gerakan menanam bibit pohon mangrove di Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK - Tanjung Lame), tepatnya di pesisir Kampung Cilintang, Desa Ujungjaya, Kecamatan Sumur, Kabupten Pandeglang (Daday)
Puluhan siswa dari SMAN 16 Pandeglang melakukan gerakan menanam bibit pohon mangrove di Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK - Tanjung Lame), tepatnya di pesisir Kampung Cilintang, Desa Ujungjaya, Kecamatan Sumur, Kabupten Pandeglang (Daday)

fajarbanten.com - Puluhan siswa dari SMAN 16 Pandeglang melakukan gerakan menanam bibit pohon mangrove di Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK - Tanjung Lame), tepatnya di pesisir Kampung Cilintang, Desa Ujungjaya, Kecamatan Sumur, Kabupten Pandeglang, belum lama ini.

Gerakan menanam mangrove tersebut dibuka Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Provinsi Banten, Holil Badawi didampingi Kepala Resort Handeuleum Balai TNUK Jajuli, beserta Plh Sekmat Sumur Amsor, Kepala Desa Ujung Jaya, Sardan dan Yaya Sudarya, selaku Ketua Kompilasi (Komunitas Peduli Lingkungan Sekitar).

Kepala KCD Pendidikan mengaku bangga dan bersyukur atas kepedulian siswa SMAN 16 Pandeglang, terhadap pentingnya pelestarian lingkungaan melalui gerakan menanam mangrove tersebut.

"Ini merupakan kegiatan yang luar biasa dan dampaknya akan sangat dirasakan masyarakat sampai ratusan tahun ke depan, jika dikelola dan dirawat dengan baik," katanya.

"Saya sangat bangga, pihak sekolah sudah bisa menanamkan rasa cinta lingkungan ini pada para siswanya, kepada para siswanya," ucap Holil dalam sambutannya.

Dikatakannya juga, mangrove adalah salah satu pohon yang mampu menjadi tempat bagi habitat perikanan juga bisa mencegah terjadinya erosi pantai dan pemanasan global.

"Pemanasan global saat ini menjadi ancaman sangat serius untuk alam dan manusia. Salah satu cara mencegah atau mengurangi dampak pemanasan global adalah dengan mengembangkan kawasan hutan mangrove," jelasnya.

"Tanaman mangrove menjadi salah satu penopang pemanasan dari perairan laut. Selain itu mangrove juga berperan untuk mengatasi masalah banjir pada kawasan pesisir," tambahnya.

Holil berharap kegiatan positif tersebut bisa terus berlanjut kepada siswa SMAN 16 Pandeglang pada tahun-tahun berikutnya.

"Harus berlanjut kepada siswa-siswa berikutnya. Ini merupakan bagian dari pendidikan karakter kepada para siswa agar memiliki jiwa peduli terhadap kelestarian lingkungan," tandasnya.

Halaman:

Editor: Rahman Malik

Tags

Terkini

Rektor Baru Dilantik, Ini Harapan Plt Presiden UNBAJA

Senin, 1 November 2021 | 18:40 WIB

Rektor UNBAJA Dilantik

Senin, 1 November 2021 | 18:31 WIB

PTM Terbatas SD dan Vaksinasi Covid-19

Jumat, 22 Oktober 2021 | 12:02 WIB

Pemuda Lebak Peduli Gelar Safari Literasi

Senin, 11 Oktober 2021 | 14:17 WIB

STAISMAN Pandeglang Gelar Diseminasi PPL

Selasa, 5 Oktober 2021 | 11:47 WIB
X