• Kamis, 27 Januari 2022

Pilkades Serentak, Iti Minta Calon Kades Jaga Kondusifitas

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 14:38 WIB
Bupati Lebak saat menandatangi deklarasi damai calon Kades yang dilaksanakan di Jayabaya Center, Senin (18/10/2021).
Bupati Lebak saat menandatangi deklarasi damai calon Kades yang dilaksanakan di Jayabaya Center, Senin (18/10/2021).

- Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya meminta agar calon kepala desa menjaga kondusifitas saat melakukan kampanye. Oleh karena itu, jangan ada gesekan dan menjatuhkan lawan politik, lebih baik, kata Iti, masing-masing calon kepala desa membangun ide dan gagasannya kepada konstituen. Senin 18 Oktober 2021.

Hal tersebut mutlak harus dilakukan, karena, kondusifitas wilayah saat pelaksanaan Pikades serentak merupakan kepentingan semua pihak. Oleh sebab itu, calon kepala desa harus siap menang dan harus siap kalah.

“Calon kepala desa harus siap menang dan siap kalah. Jangan gontok-gontokan atau menjelek-jelekkan orang lain, kita ini semua bersaudara. Jadi saya harap calon kepala desa dan tim suksesnya harus mampu meredam situasi di Lapangan jika terjadi gesekan,” kata Iti ketika memberi arahan pada acara deklarasi damai calon kepala desa, yang dilaksanakan di Jayabaya Center.

Masih kata Iti, semua pihak dalam menghadapi Pilkades serentak di Kabupaten Lebak ini harus mempunyai misi yang sama, yaitu melakukan pembangunan di wilayahnya dan menjalin sinergitas dengan berbagai pihak. Pemkab juga, kata dia, tidak ingin adanya persoalan dan perdebatan pada Pilkades serentak yang akan dilaksanakan tanggal 24 Oktober.

Sebagai bukti konkritnya kata Iti, penghitungan suara Pilkades dilakukan di tempat pemungutan suara (TPS) setelah pencoblosan dilakukan. Hal tersebut guna menghindari perdebatan yang selama ini terjadi, karena, aturan sebelumnya mengatakan, jika penghitungan dilakukan di Kantor Desa.

“Penghitungan suara dilakukan ditempat pemungutan suara, setelah pencoblosan selesai. Jadi tidak akan dibawa ke kantor desa, hal tersebut dilakukan guna menghindari kecurigaan dari berbagai pihak,” ujar Iti.

Panitia pelaksana deklarasi damai calon Kepala Desa Budi Santoso menjelaskan, Pilkades serentak di Kabupaten Lebak berlangsung di 265 desa, dengan jumlah calon Kepala Desa sebanyak 848 orang, yang terdiri dari 778 laki laki dan 70 perempuan. Saat ini tahapan Pilkades memasuki masa kampanye.

Sementara itu, tokoh masyarakat Kabupaten Lebak, Mulyadi Jayabaya mengharapkan, agar seluruh calon Kepala Desa bersaing secara sehat. Ia menyatakan dukungan kepada seluruh calon kepala desa. Bahkan ia merelakan hall yang ada di kediamanya dijadikan tempat deklarasi damai.

“Saya harap Pilkades serentak dapat berjalan lancar dan aman. Saya, relakan rumah saya ini untuk dijadikan acara deklarasi damai calon Kepala Desa,” katanya.

Acara deklarasi damai calon kepala desa tersebut dihadiri oleh calon Kepala Desa, unsur Forkopimda, mulai dari Kapolres Lebak, AKBP Teddy Rayendra, Dandim 0603, Letkol Inf Nurwahyudi, Kepala Kejari Lebak, Sulvia Triana Hapsari.(Ajat)

Halaman:

Editor: Rahman Malik

Tags

Terkini

AMPG Provinsi Banten Siap Dukung Penuh Golkar di 2024

Selasa, 21 Desember 2021 | 15:48 WIB

Fraksi PAN Menyayangkan Pernyataan Gubernur

Kamis, 9 Desember 2021 | 12:28 WIB

Sambut HUT ke 2, Partai Gelora Tebar 2.800 Spanduk

Senin, 25 Oktober 2021 | 19:30 WIB

Yandri: Banten Wajib Punya Asrama Haji

Senin, 25 Oktober 2021 | 18:57 WIB
X